Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes Eco Driving Bareng Mirage Manual Tempuh 25,6 Km Perliter

Kamis, 6 Desember 2012 | 13:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Karawang – Test drive bersama Mitsubishi Mirage bertajuk "Mirage Eco-Smart Drive - The Ultimate Challenge" pada Rabu (5/12) dimanfaatkan sebagai ajang adu irit citycar Mirage. Dan hasilnya, terbukti jika efisiensi BBM Mirage berkisar di atas angka 20 km perliter.

Pengujiannya sendiri dilakukan di lintasan tertutup, Bridgestone Proving Ground, Karawang. Di trek sepanjang 2 km ini tersedia enam unit Mirage yang terdiri dari tiga tipe GLS bertransmisi otomatis dan tiga tipe GLX manual.

Ke enam mobil tersebut akan menjalani dua lap dengan target minimal waktu tempu 6 menit 40 detik. Saat mengemudi di trek tersebut, kami ditemani seorang instruktur yang akan mereset angka di panel MID.

Otomotifnet.com yang mendapat jatah mengetes versi GLX manual mencapai konsumsi BBM hingga 25,4 km perliter di sesi pertama. Sedangkan sesi kedua kami mampu menyentuh rata-rata konsumsi BBM hingga 25,6 km perliter.

Kami menerapkan metode Eco Driving dengan melakukan perpindahan tiap gigi di rpm 1.500. lalu menjaga putaran mesin di rpm 1.100 dan kecepatan sekitar 40 km/jam di gigi lima.

Dengan kondisi kecepatan konstan, putaran sedikit mengelitik saat keluar tikungan. Namun kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengurut gas secara perlahan untuk menjaga putaran mesin tetap stabil di rpm 1.100-1.500.

Selain berkat metode eco driving yang diterapkan, keunggulan Mirage terdapat pada nilai coefficient drag yang hanya 0,30. Serta bobot mobil yang ringan yakni 857 kg pada varian manual dan 883 kg di versi otomatis. Selain itu, Mirage didukung mesin MIVEC 1.2 liter berdaya 77 ps di 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm.

"Hasil ini membuktikan jika konsumsi BBM Mirage memang irit dan kami harap dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobil kecil yang irit, ramah lingkungan dan lincah," pungkas Rizwan Alamsyah, Direktur Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors  (mobil.otomotifnet.com) 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa