Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!

Billy - Jumat, 14 Oktober 2011 | 07:27 WIB
Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!

Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Jakarta - Siapa yang gak tau VW Golf? Dan ketika melihat mobil ini, pasti langsung mengindentikkan dengan performa garangnya. Benar? Ya! Otomotifnet.com pun berfikir seperti itu.

Namun, yang ini sedikit berbeda. Kode belakangnya bukan GTI, tapi malah TSI. Apa bedanya? Sudah pasti mesin yang diusung sangat-sangat berbeda. Memang, secara spesifikasi Golf GTI masih sangat jauh berperforma, tapi gak rugi juga kok menggunakan versi TSI. Kenapa?

Untuk menjawabnya, coba simak terus ulasan ini. Desainnya tidak banyak beda denga Golf GTI. Setiap yang melihat pasti tau kok kalau ini adalah VW Golf. Hanya saja, Golf TSI tampil lebih kalem dan elegan, sebagaimana hatchback kebanyakan.

Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Sekarang saatnya masuk kedalam kabin. Buka pintu, terpampang padanan interior yang tidak sederhana, terkesan mewah karena beberapa sudah berlapis kulit, juga tatanan dashboard yang menyiratkan ini mobil yang berteknologi.

Posisi duduk sangat santai. Jok semi bucket-nya begitu pas memeluk punggung. Visibilitas pandangan juga cukup bagus, meski spion kanan-kiri terlalu kecil untuk melihat lebih banyak keadaan di belakang mobil.

Setir berbalut kulitnya, dengan padleshift dibaliknya, pun membuat percaya diri pengemudinya. Begitu juga ketika melirik pada tuas transmisi DSG 7 Speed berkopling ganda. Elegan namun tidak mengesampingkan nuansa sportinya. Bayangkan, ada 7 perpindahan gear dari tuas tersebut!

Yuk ah, nyalakan mesinnya. Senyap cuy! Tidak ada suara yang masuk di dalam kabin ketika mesin dalam posisi idle. Juga ketika pedal gas diinjak-injak pun, raungan mesin sangat sedikit sekali yang terdengar kedalam kabin. Acungan jempol untuk racikan peredam kabin Golf TSI ini.

Golf TSI dibekali mesin yang katanya lebih efisien. Berkapasitas hanya 1.390cc, bandingkan dengan Golft GTI yang kapasitasnya mencapai 2.000cc. Namun, mesin ini sudah dilengkapi dengan Supercharger dan Turbocharger, mirip dengan mesin pada VW Touran.

Hasilnya, mesin ini bisa memproduksi tenaga mencapai 160 PS dan torsi sangarnya sebesar 240 NM langsung terasa sejak di putaran 1.500 RPM! Tenaga yang bakal disalurkan secara apik melalui transmisi DSG 7 Speed otomatis berkopling ganda.

Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Jadi penasaran kan rasanya ketika menginjak pedal gas? Nih! Bruuummm... Fantastis dan sebaiknya anda tidak meremehkan racikan mesin TSI pada Golf yang satu ini. Pedal gasnya begitu sensitif dan responsif. Setidaknya, perlu sedikit penyesuaian ketika pertama kali berada dibalik kemudinya.

Tenaga tersalur begitu optimal, sehingga terasa terus mengisi pada setiap perpindahan giginya yang juga berlangsung halus dan cepat, hampir tak terasa entakan dan penurunan putaran mesin.

Sensitifitas Golf TSI rupanya terus berlanjut. Ketika sudah melesat kencang di atas 150 km/jam, silakan melakukan pengereman. Eits, tapi jangan main bejek pedal rem ya, karena lagi-lagi, bagian yang satu ini juga sangat sensitif dan responsif.

Apalagi ketika mobil sedang berjalan pelan, kalau tidak biasa, bisa dipastikan mobil mengerem dengan ndut-ndutan. Perlu perlakuan yang sangat halus untuk menaklukan si Golf TSI ini.

Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Test Drive VW Golf TSI, Paket Hemat yang Serba Wah!
Namun, anda bisa bermain-main dengan handlingnya yang yahud. Mungkin mewarisi kedigdayaan handling sang kakak Golf GTI. Setirnya bekerja dengan presisi dan mobil anteng saja menuruti kemauan pengemudi saat menikung tajam dan cepat.

Dan kalau masih kurang percaya diri menikung cepat, bisa memencet tombol Electronic Stability Programme (ESP) pada bagian tengah dashboard, maka tikungan bisa dilahap dengan sempurna karena fitur tersebut bisa mengurangi gejala under dan over steer.

Dan terakhir, setelah puas mencoba, sekali lagi anda bakal dikejutkan oleh paket hemat sang legenda hathcback dari Volkswagen ini. Dengan sudah dirakit di Indonesia, harga jualnya jadi lebih bersahabat.

PT Garuda Mataram Motor membanderolnya hanya RP 339 jutaan on the road Jakarta, bandingkan dengan versi GTI yang mencapai Rp 500 jutaan. Lumayan kan?

Spesifikasi Teknis

Mesin                                        4-cylinder, TSI, Turbocharger
Kapasitas                                 1.390cc
Tenaga Maksimal                      160 PS
Torsi Maksimal                          240 NM
Transmisi                                  DSG & Speed otomatis Kopling Ganda
Bahan Bakar                             RON 95
Akselarasi 0-100 km/jam          8 detik
Kecepatan Maksimal                 220 Km/jam
Konsumsi BBM Kombinasi         1 liter 16 km
Harga                                        Rp 339 Juta           

 (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa