Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buktikan Kesempurnaan Handling Audi A6, Meliuk Cepat Tanpa Melintir!

billy - Senin, 26 September 2011 | 09:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sepang - Sehari penuh, OTOMOTIFNET.com bersama jurnalis tanah air sangat antusias mengikuti Audi Driving Experience di Sepang, Malaysia (25/9). Setelah dibagi dalam beberapa group, secara bergantian instruktur dari Jerman, Selandia Baru, Australia dan Malaysia memberikan arahan untuk mengeksplorasi ketangguhan Audi A6 3.0 TFSI Quatro dan Audi R8 5.2 FSI Quattro.

Pastinya dua mobil test tersebut memiliki karakter yang berbeda. Tapi tetap memiliki benang merah yang sama yaitu mobil dengan tingkat kenyamanan handling yang sempurna. Rasanya tidak berlebihan jika berada di balik kemudi keduanya, tidak perlu takut melintir di jalan. Saya sudah membuktikannya sendiri.

Okay, saya akan sharing hasil test drive bersama A6 3.0 TSFI Quattro (setir kiri). Soal tenaga jangan ditanya, letupan tenaga 300 dk (220 kW) dari mesin V6 2995 cc sudah pasti akselerasi mantaf. Apalagi power mesin tersalur sempurna keempat roda dengan teknologi Quattro AWD dikombinasi transmisi otomatis 7-speed S Tronic. Akselerasi O-100 km/jam cukup waktu 5,5 detik.

Sesi test drive bersama A6 3.0 difokuskan pada kesempurnaan handling dan braking. Dicontohkan ketika pengemudi terpaksa harus ngerem mendadak disertai banting stir. Pada kecepatan 100 km/jam langsung injek rem maksimal kemudian setir banting kiri lalu kembali lurus.

Setelah dipraktikkan oleh instruktur, masing-masing tester mencoba hingga tiga kali. Wouuu... Sempurna sekali!!! Saat full brake di kecepatan tinggi, sama sekali tidak sliding dan bodi mobil sama sekali tidak limbung. Setir sangat mudah dibelokkan mengikuti alur trek berlapis aspal halus. Seolah nempel dengan aspal. Nyaman sekali saat panic braking.


Tidak cukup sampai disitu. Masih bersama A6 3.0, kami diajak ke tantangan berikutnya di salah satu sudut sirkuit Sepang. Ternyata instruktur telah menyiapkan mini sirkuit dengan aspal kasar atau gravel.

Sikruit bikinan dari kun-kun ini dirancang untuk membuktikan stabilitas mobil saat meliuk kencang dan diakhiri sesi braking. Mobil digeber zig-zag lalu tikugan patah dikombinasi lagi tikungan parabolik.

Mantafff.... Saat meliuk kencang sama sekali tidak ada slip. Saya tidak membayangkan jika pakai mobil sedan merk lain dengan spek di bawahnya. Dengan kecepatan yang saya praktekkan waktu itu, pasti sudah melintir.

Sungguh kinerja yang luar biasa dari fitur dan teknologi safety yang dimiliki A6 3.0. Anti-lock braking system, traction control serta electronic stabilisation programme sangat maksimal hasilnya. Mobil yang sangat recomended untuk harian para konsumen di segmen atas.

Bagaimana dengan performa R8? Saya akan sharing di artikel berikutnya! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa