Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Jeep JK Wrangler Rubicon, Sangar Dengan Mopar

billy - Senin, 22 Agustus 2011 | 12:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
Jakarta -  Blantika 4x4 ada beberapa tipe legendaris. Salah satunya Jeep yang memang mengawali spesies tunggangan berpenggerak empat roda yang ‘hampir' dapat menempuh berbagai kondisi jalan. Kini generasi teranyarnya, sang penerus legenda, Jeep JK pun mampu merenggut hati berbagai penggemarnya dengan tampilan yang simpel namun tetap tak meninggalkan kesan macho-nya. Ditambah lagi beberapa aksesori asli Mopar, seperti yang tersedia di gerai Garansindo, di kawasan Pasar Minggu, Jaksel ini.

Lift Up Kit
Di jajaran JK Wrangler, tipe Rubicon dilengkapi fitur yang lebih mumpuni untuk melalui medan off-road. Differential lock pada gardan depan dan belakang, rasio gigi transfer lebih besar, membuat crawling di medan berat makin sakti. Tak hanya itu, electronic sway bar release juga terpasang.
No caption
No credit
No caption

 Mesin V8 sudah lebih dari cukup
Untuk medan on-road, sway bar ini mampu mencegah body roll berlebihan kala bermanuver cepat. Namun, kala off-road yang memang perlu travel suspensi lebih jauh, sway bar ini bisa dinon-aktifkan. Sehingga traksi roda lebih baik saat di medan tak rata.

Jeep JK Wrangler berkelir Sahara Tan ini, tak sekadar tipe Rubicon biasa. Menurut Hotma TSO Doloksaribu, divisi aksesori Garansindo, ada beberapa parts yang dipasangkan ke tubuh tunggangan bermesin dengan konfigurasi V8 itu.
No caption
No credit
No caption

Interior sederhana, tetapi memiliki SRS airbag 4 buah
"Semuanya dari produk Mopar, yang memang khusus untuk Jeep," terang lelaki berkacamata itu. Mulai dari kolong hingga atas, semua dibekali peranti asal Amerika Serikat itu. "Hanya untuk pintunya tak terpasang tipe kanvas, meski tersedia," ungkapnya.
Di kolong cukup banyak yang terpasang. Mulai pelek 17 inci plus ban Maxxis 30 inci, lantas di kaki-kaki terpasang suspension lift kit setinggi 2 inci (sekitar 5 centimeter). "Sudah berikut sokbreker serta per," tukas lelaki yang disapa Dolok itu.

Sebenarnya, lift up kit untuk JK ini cukup banyak variasinya. Namun, bertambah ketinggian 2 inci ini tergolong cukup untuk melakukan kegiatan outdoor adventure, seperti off-road ringan dan mengantar penggunanya ke pelosok-pelosok seperti untuk memancing atau bersepeda downhill misalnya.

Memang rancangan bumper depan dan belakang sudah pas untuk melewati rintangan berat di medan off-road, karena memungkinkan untuk bersandar di tebing atau pun pohon adalah hal yang sangat mungkin. Begitu juga winch Warn terpasang di depan siap membantu kala terperangkap ‘trek jahanam'.

No caption
No credit
No caption

Buritan penuh aksesoris hingga cover roda cadangan
Sementara snorkel, bukan sekadar hiasan, dipadu dengan engine hood yang lebih kuat dan lentur, juga sudah terdapat cerukan untuk dilewati snorkel yang sudah tersambung dengan sistem air intake orisinal.

Cukup banyak aksesori yang melekat di tubuh JK Wrangler Rubicon ini. "Total bisa ditebus dengan harga Rp 275 juta," ungkap Dolok. Soal perlengkapan asli Mopar yang menempel di Jeep seharga Rp 779 juta (on the road, Jakarta) itu.


Mopar
Nama ini cukup terkenal, namun asal usulnya belum banyak yang tahu. Mopar berasal dari kata Motor Parts untuk tunggangan dari Chrysler Group LLC. Jeep termasuk di dalamnya. Nama ini sudah digunakan sejak era 1920-an dan terus digunakan hingga kini.

Beberapa peranti Mopar, merupakan original equipment manufactured (OEM) untuk Chrysler. Tetapi, tak sedikit pula produk ini membuat komponen-komponen yang menjadi sekadar aksesoris atau pelengkap saja (opsional).

Pada Jeep JK Wrangler ini, cukup banyak peranti Mopar yang tersedia. Tetapi, untuk modifikasi lebih ekstrem lagi, pilihan menggunakan aftermarket special off-road lebih disarankan.  (mobil.otomotifnet.com)

Spesifikasi
Kap Mesin
Grab handles with coat hook
Snorkel
Winch, Warn 9.5cti
Black Door Sill Guards
Slush Mats
Tail Lamp Guards
Black Fuel Filler Door
Wheel
17x7,5 with Maxxis Big Horn 305/70/R17
Sensor Tire Pressure
Rock rails
Skid Plate
Front Offroad Bumper
Rear Offroad Bumper
2-inch lift kit + Steering Stabilizer
Light Off Road Set
Bonnet Lock
Jeep Emblem
Sun Bonnet
Spare Tire Cover, ClothiPad

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa