Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Audi A6 S-Line 2011 S-Line Or Flat Line?

billy - Senin, 2 Mei 2011 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Pertarungan di segmen sedan salon, memang tidak sepanas pada kelas low MPV maupun city car. Walau begitu, ada nama besar yang dipertaruhkan oleh masing-masing pabrikan. Kriterianya, sebuah sedan salon harus bisa mengakomodir dua kebutuhan utama.

Pertama, sedan ini harus punya kualitas desain (eksterior dan interior) yang seakan sebuah galery masterpiece. Sedangkan yang kedua, sedan salon termutakhir harus juga dibekali dengan performa yang terbilang superior. Sosoknya harus terlihat cantik, performa mumpuni serta karakter pengendaraan nyaman. Intinya, harus memberikan sesuatu yang terbaik.

Dan di awal tahun 2011, PT. Garuda Mataram Motor (GMM) tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan sedan kelas premium A6 S-Line sebagai pengganti A6 terdahulunya. A6 S-Line sendiri merupakan versi dress up dari A6 sebelumnya. Mobil yang ditargetkan terjual sebanyak 60 unit ini, sejatinya akan berhadapan langsung dengan BMW seri 5 dan Mercedes-Benz E-Class.

Audi pun semakin ‘panas’ dengan pertarungan ini. Awalnya versi S-Line diterapkan pada model A3 dan A4, dengan penggunaan roda berdiameter (lebih) besar dan penambahan spoiler untuk meningkatkan aerodinamika dan tentunya unsur stylish.

Model A3 dan A4 versi S-Line pun, kehadirannya langsung bisa diterima oleh konsumen. Konsumen jatuh cinta dengan penambahan perangkat berbau sporty namun juga masih tetap nyaman khas produk-produk Audi.

Berawal dari ide tersebut, para desainer Audi mulai mencoba untuk ‘bermain-main’ dengan model A6. Dengan beberapa paket upgrade tampilan tersebut, kini A6 masuk ke dalam jajaran sedan salon paling sporty yang pernah ada. Lantas seperti apa performa A6 S-Line secara keseluruhan?

No caption
No credit
No caption

Behind The Wheels
Kurang afdol rasanya jika tidak mencoba performanya di trek mini milik Bridgestone ini. Di trek lurus sepanjang 840 meter itu, A6 S-Line dites menggunakan RaceLogic.

Hasilnya, mesin FSI direct injection yang ditambah turbocharger yang mempunyai tenaga sebesar 170 HP pada putaran 4.300-6.000 RPM dengan torsi maksimal 280 Nm pada putaran mesin 1.800-4.200.

Dari keadaan berhenti, A6 sanggup membukukan waktu 9,7 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, sedangkan untuk menempuh jarak 420 meter cukup dengan 17,2 detik.

Apalagi dengan diusung transmisi CVT yang dinamai Multitronic, membuat perpindahan percepatan yang dihasilkan dari transmisi 7-speed-nya, terasa halus, responsif dan bertenaga. 

Suspensi yang digunakan A6 S-Line, seakan mampu mengakomodir unsur kenyamanan dan stabilitas terbaik dalam satu kesatuan. Saat melintasi trek Bridgestone dengan karakter gelombang, goncangan berlebih di kabin hampir tidak terasa. Hal ini berkat penggunaan adaptive air suspension yang diusung Audi A6 S-Line.

No caption
No credit
No caption

Perbedaan A6 S-Line
Secara kasat mata, memang tidak ada perubahan yang signifikan dari Audi A6 dengan versi S-Line. Paling terlihat pada aplikasi lampu Bi-Xenon yang disertai jet washer dan LED pada head lamp dan juga stop lamp.

Sedangkan dibagian eksterior, paket S-Line yang menjadi pembeda terlihat pada bumper depan dan belakang serta diffuser bergaya sporty. Door sill trim dengan logo S-Line, fog lamp dengan aksen chrome serta knalpot yang juga dilabur chrome.

Dibandingkan model sebelumnya, versi S Line ini tampil dengan berbagai perubahan dan penambahan fitur. Beberapa tambahan tersebut antara lain servotronic dan electro mechanical parking brake.

Sistem Audio Audi Music Interface
Sedan kelas premium seperti ini memang sudah selayaknya mengunakan kualitas audio yang baik. Untuk itu, Audi memasangkan sekitar 13-speakers dalam kabin agar kualitas suara makin sempurna. Selain itu, Audi juga telah mengaplikasikan Multi Media Interface (MMI) untuk mempermudah semua pengaturan kontrol dan fungsi kendaraan.


 Semua pengaturan kontrol dan fungsi kendaraan, bisa dilakukan dari Multi Media Interface (MMI). Ergonomis!
A6 S-Line dilengkapi juga dengan CD player dan slot untuk 2 SD Card yang dinamakan Audi Music Interface. Pengemudi akan dimanjakan dengan multi-function steering wheel dari setir palang empatnya. Saat mendengarkan lagu, memang jelas terdengar suara high level, midbass dan suara rendah menjadi lebih berkualitas.

Penghargaan Best Off All Classes
Audi A6 telah mendapatkan penghargaan sebagai “Best of All Classes” yang diberikan DEKRA, sebuah organisasi pengujian mobil dalam Faults Report 2011 di Stuttgart, Jerman, Desember 2010 lalu. DEKRA memberikan penghargaan kepada mobil dengan tingkat ‘kesalahan’ terendah, setelah menempuh jarak tempuh tinggi. Sehingga terlihat kualitas mobil tersebut untuk jangka waktu panjang.  (mobil.otomotifnet.com)

Thanks to:
PT. Bridgestone Tire Indonesia
Proving Ground
Jl. Surya Utama Kav. 8-13
Kawasan Kota Industri Surya Cipta
Karawang - Jawa Barat

DATA
ATPM            PT. Garuda Mataram Motor

Model            Audi A6 S-Line

Harga            Rp 735 juta (Off The Road)

Mesin
Tipe            Inline 4-cylinder FSI direct injection turbocharger DOHC
Kapasitas (cc)        1.984 cc       
Jumlah Katup        16
Tenaga (HP/RPM)    170/4.300-6.000
Torsi (Nm/RPM)    280/1.800-4.200

Dimensi (mm)
PxLxT            4.927/1.855/1.459
Wheelbase        2.843

Jarak Pijak (mm)
Depan             1.612
Belakang        1.618

Transmisi
Tipe            7-speed A/T 

Fitur Tambahan     Multitronic with DRP
Kemudi
Tipe            Rack & Pinion with servotronic

Suspensi
Depan            McPherson Strut with Stabilizer
Belakang        Coupled Torsion Beam Axle

Ban           
Merek            Continental ContSport Contect2
Ukuran            245/40R18

Data RaceLogic
0–60 km/jam        4,4 detik   
0–100 mm/jam     9,7 detik   
0–402 meter        17,2 detik

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa