Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Chevrolet Aveo Prime

Editor - Selasa, 30 Maret 2010 | 10:46 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Setelah diperkenalkan beberapa waktu lalu oleh PT. General Motors AutoWorld Indonesia (GMAWI), Chevrolet Aveo Prime terlihat lebih memiliki desain tegas serta penambahan aksesori di beberapa bagian.

Efeknya, Aveo pun kian menarik. Salah satu yang menarik adalah paket dress up yang diberikan oleh PT. GMAWI, yaitu berupa velg berdiameter 17 inci. Selain tentunya fitur-fitur lainnya yang jelas lebih menarik ketimbang Aveo reguler.

Fitur unggulan Aveo Prime, salah satunya adalah intelligent key dan juga keyless start. Hhmm, seperti Yaris S ya.

Untuk menghidupkan mesin pun, pengemudi tak perlu memasukkan anak kunci ke lubang kunci yang biasanya terdapat pada kolom setir. Tapi cukup dengan memutar tombol di dekat batang kemudi, alu terdengar lah suara halus dari mesin 1.5 liternya. Sistem ini menjadikan mobil lebih lebih aman dan nyaman.

Lantas yang kemudian menjadi pertanyaaan, seperti apa ya rasanya mengemudikan Aveo ber-velg 17 inci ini? Apakah kenyamanan Aveo masih bisa dirasakan? Saya pun mencoba membawanya berkeliling kota.

Dengan body kompaknya, Aveo cukup asyik untuk mengarungi macetnya ibukota. Diajak berlari di jalan bebas hambatan pun masih cukup stabil. Dengan transmisi matik 4-percepatan, Aveo begitu mudah dan menyenangkan untuk dikendarai.

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar, Aveo mampu melahap 1 liter untuk 11 km pada jalanan dalam kota. Sedangkan pada rute jalan bebas hambatan 1 liter bisa menempuh 15 km (klaim).

Dibawa melaju di jalanan yang mulus, Aveo sangat nyaman, namun ketika memasuki jalanan yang tidak rata, kenyamanan sedikit berkurang. Gejala goncangan sangat terasa, mungkin karena menggunakan roda berdiameter 17 inci.

Kontur jalan bumpy, menjadi sedikit masalah bagi yang mementingkan kenyamanan. Selain berpengaruh pada kenyamanan berkendara, velg yang cukup besar ini sedikit mengurangi respon ketika pedal gas diinjak. Dirinya hanya berjalan pelan ketika kita sedikit menginjak pedal gas.

Tapi saat pedal gas diinjak lebih dalam, tenaganya terasa cukup galak. Terbukti ketika diajak ‘nakal’ di jalan bebas hambatan, Aveo mudah saja mencapai angka 120 km/jam.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Tuning Guide
SULIT CARI PER

Aveo Prime memiliki body yang kompak. Maka, buat mendongkrak penampilan, sektor kaki-kaki masih bisa dimaksimalkan lagi dengan pemilihan velg yang lebih variatif.

“Aplikasi velg untuk Aveo Prime cukup banyak pilihannya, mulai dari 15 inci hingga yang cukup ekstrem 20 inci pun masih bisa masuk di kolong fender Aveo,” ujar Amin dari Auto Style, Kemayoran, Jakarta Utara.

“Maksimal hanya bisa untuk velg dengan lebar 7,5 inci saja, lebih dari itu akan mudah gesrot. Sedangkan untuk gaya, bisa mengaplikasikan velg racing maupun elegan,” tambahnya.

Untuk aksesoris berupa lowering kit maupun per after market, untuk Aveo masih susah dicari dipasaran. Sehingga, kita hanya bisa menggunakan per dan suspensi standar. Karena desain suspensi Aveo (per) tidak memiliki persamaan dengan mobil lain.

DATA
ATPM  
PT. General Motor AutoWorld Indonesia
Model
Aveo Prime
Harga Rp 180 juta
Mesin

Tipe  Inline-4 DOHC
Kapasitas (cc)
1.498
Fuel System 
Fuel Injection
Jumlah katup 16
Tenaga (HP/RPM) 108/ 6400
Torsi (Nm/RPM) 105/4.000
Dimensi (mm)        
PxLxT   
3919/1678/1506
Wheelbase
2479 
Berat kosong (kg) 2546
Kapasitas tangki (l)
45
Transmisi

Tipe   4-percepatan A/T
Fitur tambahan NA
Kemudi

Tipe   Electric power steering
Rem
Depan 
Ventilated-discs
Belakang
Drum
Fitur tambahan 

Suspensi
Depan Independent McPherson strut
Belakang  
Torsion beam
Ban 

Produk   Champiro HPX
Ukuran
205/45ZR17 88W


Eko/Andy Okta/pr!ma

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa