Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ubah Toyota 86 Bergaya Ala Stance dengan Airsus

Otomotifnet - Senin, 15 Juni 2015 | 08:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Toyota 86 sejatinya bergaya racing, namun tidak haram dibuat beda. “Siapa bilang kalau punya 86 harus selalu bergaya racing. Bisa kok dimodifikasi bergaya stance,” tegas Kiki Anugrah, pemilik Toyota 86 yang juga member 86ID.

No caption
No credit
No caption

Seperangkat suspensi udara KSport plug and play untuk 86. Produk ini memiliki garansi selama 1 tahun


Untuk gaya stance bisa dilakukan dengan dua settingan kaki-kaki, yaitu static dan bagged. Static mencakup potong per, lowering kit, sport kit dan coilover shock. Sedangkan bagged dapat memasang suspensi udara atau lebih dikenal airsus (air suspension). Jenis airsus ada dua, custom dan bolt-on.

No caption
No credit
No caption

Diagram pemasangan airsus KSport bolt-on


Pada Toyota 86, pemasangan suspensi udara tidak bisa sembarangan, dibutuhkan ketelitian khusus saat membongkarnya. “Karena pada sektor kaki-kaki 86 memiliki banyak sensor yang sensitif,” ujar Raya Irwansyah, pemilik bengkel Akasia-Motor. Contoh di 86 milik Kiki yang menggunakan air suspension bolt-on khusus untuk 86 merek KSport.

No caption
No credit
No caption

Saat membongkar kaki-kaki bawaan mobil ini, harus teliti dan tidak bisa sembarangan. Karena banyak terdapat sensor


“Kebanyakan konsumen memilih bolt-on karena proses pengerjaannya tidak memakan waktu lama, paling 2 hari,” tambah Irwan. Untuk pemasangan airsus bolt-on, yang dibutuhkan membongkar sokbreker standar lalu ganti pakai balon brand Amerika ini.

Kini ground clearance bisa diatur semau kita, menggunakan remote atau switch yang ada di dasbor


Untuk penempatan kompresor dan pompa udara, umumnya diletakkan di bagasi. Ukuran pelek yang pas untuk dijejalkan ke ruang fender adalah 18-19 inci,” ujar Kiki. Hayoo siapa lagi yang ingin pasang airsus di 86, siap-siap merogoh kocek sekitar Rp 62 juta untuk satu set KSport air suspension beserta management systemnya. • (otomotifnet.com)

Akasia Paint & Body Design: 081381349977, 081310036447, 08567723237



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa