Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aksesori Mobil Musim Hujan, Eksterior dan Interior

Dimas Pradopo - Rabu, 17 Desember 2014 | 14:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Berkendara maupun meninggalkan mobil jadi lebih tenang

Jakarta - Berkendara di saat hujan memang butuh konsentrasi lebih agar tetap aman. Nah, untuk melengkapi kendaraan menghadapi musim hujan ada baiknya menggunakan produk aksesori tambahan yang banyak di jual di pasaran.

“Ada beberapa pilihan aksesori untuk membantu pengemudi dan pemilik kendaraan dalam menghadapi musim hujan,” ujar Andy Wijaya dari Auto Vision Pusat Onderdil Pasar Cipete, Jaksel. • (otomotifnet,com)

1. Talang Air
No caption
No credit
No caption

Bisa menjadi sarana untuk memberikan sirkulasi udara pada jendela mobil sehingga kaca tak berembun. Berguna untuk menahan cipratan air disaat hujan ketika jendela dibuka sedikit. Selain itu talang air juga bisa menjadi sarana untuk memperindah tampilan mobil. “Ada beberapa produk di pasaran, memiliki berbagai macam braket untuk mobil-mobil yang ada, dibandrolnya Rp 250-350 ribu/set”. Ungkap Andy Wijaya.

2. Pedal Karet
No caption
No credit
No caption

Berfungsi sebagai pijakan kaki di pedal agar tidak licin di saat mengendarai mobil dengan kondisi hujan. Biasanya lantaran alas kaki basah, ketika berkendara jika karet pedal habis bisa menyebabkan selip. Hal seperti ini sering dialami setiap musim penghujan, tentunya membuat ketidaknyamanan bagi pengendara. Ada beberapa jenis pelapis pedal untuk mobil matik maupun manual dan model yang menarik. “Mau gaya sporty ada, desain kartun Hello Kitty juga ada, harganya kisaran Rp 125-150 ribu,” lanjut Andy Wijaya yang bertubuh mungil.

3. Karpet Mobil
No caption
No credit
No caption

Pada saat hujan, tentu permukaan jalan dan tempat-tempat lain yang dituju akan basah oleh air hujan. Pada saat penumpang mobil keluar masuk kendaraan, air akan terbawa oleh alas kaki. Bila mobil kesayangan masih menggunakan karpet lantai jenis bulu, maka air, lumpur, atau kotoran lainnya akan terserap, aroma tak sedap akan muncul. Tentu, hal itu akan mengganggu kenyamanan berkendara. “Sebaiknya menggunakan karpet yang berbahan karet karena jenis itu tidak akan menyerap air dan lebih mudah dibersihkan, adapun yang didesain kartun ataupun biasa, sesuai selera.” Jelas Andy Wijaya. Harganya berkisar Rp 300-350 ribu.

4. Mud Guard

Tameng lumpur atau mud guard, peranti ini berfungsi untuk melindungi bodi mobil agar kotoran dan lumpur tidak menempel. Juga mencegah cipratan air dari roda belakang mengenai pengendara lain. Kotoran atau lumpur yang bercampur dengan air hujan yang bersifat asam menjadi pemicu utama munculnya karat di bodi mobil. “Keberadaan mud guard yang modis juga akan mendongkrak penampilan mobil. Saat ini banyak sekali model, jenis, merek mud guard yang dijual di pasaran,” terang Dewi Yani sales SJM Audio Pusat Perbelanjaan Pasar Cipete Lt. Dasar Blok D No.3 Jl. Fatmawati, Jaksel. Harganya mulai dari Rp 70-150 ribu.

5. Sarung Mobil

Bahan baku untuk sarung mobil indoor umumnya terbuat dari kain yang memiliki pori-pori. Fungsinya agar sirkulasi udara dapat lancar, sehingga tidak lembab ataupun terlampau kering. “Bahan baku sarung mobil indoor umumnya terbuat dari kain satin velvet. Penting diketahui, sebaiknya pilih sarung mobil yang ngepres atau bodi fit. Sehingga lebih maksimal melindungi permukaan bodi mobil,” terang Rizka Anggraini, yang juga owner Bitelblack di Jl. Kelapa Dua Wetan III, No. 60, Ciracas, Jaktim. Harga kisaran Rp 1-3 juta sesuai jenis kendaraan.

6. Foglamp

Banyak tersedia untuk semua jenis kendaraan (universal). Membantu menambah penerangan untuk lebih jelas melihat permukaan jalan. “Harga kisaran Rp 1,5- 2 jutaan, tersedia untuk semua jenis mobil,” ujar Tara Budiman dari toko Aksesori KIKI Rotary Motor, Pusat Duta Mas Fatmawati Lt.2 No.30. Jalan Raya Rs.Fatmawati Jakarta Selatan

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa