Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Roof Box di Karimun Wagon R Dilago, Aman plus Nyaman

Rabu, 23 Juli 2014 | 11:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Demi menambah kapasitas bagasi, sebuah roof box Hapro Roady 350 jadi pilihan menarik untuk menempuh rute perjalanan jauh libur Lebaran. Apalagi sudah dilengkapi kunci, jadi enggak perlu khawatir saat harus parkir agak lama di rest area. Tak hanya aman, tapi bikin hati nyaman kan.

“Selama bulan Ramadhan, kita ada penawaran harga diskon jadi Rp 3 juta, hanya untuk roof box saja,” terang Herlan, staff pemasaran Motoshop di Jl. Veteran Raya Bintaro Mulia 1 No.3, Jaksel.

Punya kapasitas hingga 300 liter atau beban maksimal 50 kg. Boks ini hanya butuh sebuah roof bar untuk dipasang di atas Suzuki Karimun Wagon R Dilago. “Roff bar-nya bisa pakai Cronos 109, harganya Rp 2,250 juta,” sambung Herlan lagi.

Punya spesifikasi 135 x 78 x 40 cm (panjang x lebar x tinggi), Roady 350 sanggup dimuati hingga 3 buah koper berukuran besar. “Namun kami sarankan pakai tas agar kapasitasnya maksimal. Kalau pakai koper, biasanya masih tersisa ruang kosong. Bisa muat hingga 7 tas kok,” wanti pria ramah ini. Alhasil, hampir seluruh ruang dalam boks berfungsi maksimal untk menampung barang bawaan.

Cara pasangnya juga mudah, setelah mengunci boks dengan roof bar, baru setelah itu posisikan seluruh boks tepat di tengah bodi. Tujuannya, agar distribusi bobot keseluruhan mobil bisa terbagi rata dan tidak mengganggu handling.

Sayangnya, Roady 350 punya pembuka dari belakang boks. Alhasil, ketika terpasang di Wagon R Dilago yang bukaan pintu bagasinya ke atas. Jadi lebih sulit untuk mengambil barang bawaan. Walau untungnya, dengan ground clearance yang rendah, cukup gunakan bangku kecil untuk meraih bagian dalam boks.

Yang mesti diwaspadai lagi adalah total tinggi keseluruhan. Contoh nih untuk Wagon R Dilago dengan tinggi 1,7 m. Setelah ditambah tinggi roof bar berikut boks yang berkisar 50 cm. Artinya tinggi totalnya jadi sekitar 2,2 m. Nah, kalau lagi bayar jalan tol, enggak bisa lagi nih masuk jalur khusus sedan atau mobil kecil alias mesti antri berbarengan truk atau bus.

Hati-hati yaa…

No caption
No credit
No caption

1.Taruh pelat besi penguat dari bagian dalam boks. Lihat tulisan Up harus menghadap atas. Lalu, posisikan boks di atas roof bar, selanjutnya pasang besi U pengikat boks dari bawah. Pasang mur pengikat yang sudah disediakan dari dalam. Mur tidak perlu dikunci terlalu kencang agar boks masih bisa digeser-geser.

No caption
No credit
No caption

2.Kendurkan baut pengikat roof bar ke roof rail dengan kunci L yang disediakan, lalu pasang seluruh boks berikut roof bar di atas roof rail. Posisikan boks tepat di tengah bodi

3.Kencangkan seluruh baut pengikatnya, termasuk klem pengunci di bagian dalam boks. Oh iya, tersedia 2 anak kunci, yang pertama untuk mengunci roof bar ke roof rail, lalu satu lagi kunci boks agar aman ditinggal saat harus berhenti di rest area atau parkir agak lama. (mobil.otomotifnet.com)




Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa