Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Tutup Kaca Jendela Mobil LCGC Cukup Sekali Ungkit Sakelar? Cuma Rp450 Ribu

Kamis, 22 Mei 2014 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Kategorinya saja sudah mobil murah atau LCGC (low cost green car), tentu fitur-fiturnya tidak selengkap city car yang non LCGC. Salah satunya, auto up power window, sehingga ketika akan menutup kaca jendela tak cukup dengan satu kali ungkitan, tapi sakelar harus terus ditahan sampai kaca tertutup. 

Juwandi beserta rekannya, Abdul Munir berkreasi dengan membuat modul auto up tersebut. Bertempat di bengkelnya, Asa Autologic di Jl. Bungur Raya Blok B No.2, Jakpus, komponen hasil kreasi anak bangsa tersebut dijual Rp 450 ribu, sudah termasuk pasang.

Cara pasangnya juga terbilang mudah dan paling lama 15 menit. Seandainya ingin memasang sendiri bisa mengikuti diagram yang ada di dalam kemasan.

Nah, praktik pemasangan dilakukan pada Suzuki Karimun Wagon R. Ini langkah-langkahnya. 

No caption
No credit
No caption

1.Ini dia modul auto up-nya. Sebelum dipasang, lepaskan door trim terlebih dahulu. Pada Karimun Wagon R, buka menggunakan obeng + di tempat pegangan tangan, serta pembuka pintu. Kemudian buka dua klip pada masing-masing ujung door trim bagian atas. Setelah terbuka semua, tarik door trim perlahan-lahan untuk melepaskan klip terhadap dudukannya. Hati-hati saat mengerjakan bagian ini. Simpan dua klip dan beberapa sekrup yang dibuka. Akan repot jika hilang.

No caption
No credit
No caption

2.Untuk memudahkan pengerjaan, buka sekrup pengikat power window yang ada di belakang door trim. Setelah semua terbuka, buka saklar power window dengan cara melepaskan klip pengunci soket. Jika sudah, pisahkan 4 dari 6 kabel yang ada. Kabel tersebut berwarna hijau, hitam, merah dan putih garis biru. Sebab keempat kabel inilah yang akan digarap.

No caption
No credit
No caption

3.Kupas beberapa kabel, seperti warna hitam, putih garis biru, serta hijau. Nantinya, kabel-kabel ini akan dililit dengan kabel dari modul auto up. Oleh sebab itu, setelah dikupas, buat rongga pada seratnya. "Maksudnya supaya ikatan antar kabel itu kuat. Nanti setelah dililit, baru dibungkus isolasi," sebut Dul, panggilan Abdul Munir. Sementara itu, kabel merah akan dipotong, lalu disambung dengan kabel dari auto up warna hijau dan putih. Gunakan terminal serta pembungkus supaya rapi.

No caption
No credit
No caption

4.Jika semua sudah terangkai dengan baik, silakan coba terlebih dahulu. Mainkan saklar power window. Jika auto down dan auto up berfungsi, maka proses pemasangan sudah selesai. Tinggal penempatan. Sebelumnya, bungkus modul auto up pakai plastik. Ini menghindari air menelusup ke modul meski sudah diberi perekat.


5.Sebelum door trim kembali dipasang, tempatkan modul dengan baik. Supaya tidak menimbulkan berisik karena beradu, lebih baik tempelkan saja di pelat pintu. Manfaatkan double tape untuk merekatkannya. Tekan kuat-kuat supaya merekat dengan baik. Pasang kembali door trim Karimun Wagon R, dan rasakan kenyamanan menggunakan auto up. (Mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa