Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Bikin Tabung Penampung Uap Oli di Daihatsu Ayla

Rabu, 21 Mei 2014 | 13:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Bandung - Ketika mesin mobil bekerja, dari ruang bakar tercipta uap oli yang kemudian dibuang melalui katup pcv pada cover kepala silinder.Uap tersebut lantas masuk ke ruang intake manifold agar bagian ini selalalu terjaga bersih.

“Sayangnya uap tersebut juga mengandung partikel oli. Akibatnya, dalam jangka waktu lama berisiko terjadi kerak pada katup isap (klep),” jelas Ferry dari Club Ayla Indonesia (CAI) saat ditemui otomotifnet.com disekretariat CAI.

Nah, Oli yang kembali terbakar pun, tambah Ferry dinilainya akan memberikan efek polusi berlebih. Untuk mengatasi itu, kini banyak beredar Oil Ctatch Tank (OCT) aftermarket di pasaran dengan harga beragam. Padahal, OCT bisa dibikin sendiri yang lebih sederhana.  

Tertarik dengan OCT sederhana ini? Nih, kawan-kawan dari CAI berkreasi dengan alat-alat yang mudah ditemui di sekitar kita.

Di antaranya, sediakan botol kecap  berdiameter sekitar 3 - 4 cm yang ujung pembuangannya di samping bagian atas (banyak dipakai di restoran. Kemudian selang pneumatik ukuran 5x8mm dan soket.

Berikut langkah pengerjaannya
No caption
No credit
No caption

1. Potong selang pcv dari cover silinder head.

No caption
No credit
No caption

2. Kemudian, sambungkan ujung selang pcv dengan selang pneumatik. Selang ini kita pasangkan pada botol kecap.

No caption
No credit
No caption

3. Di sisi lain pada botol kecap itu, sambungkan lagi selang pneumatik pada selang pcv yang masuk ke ruang intake manifold, rapihkan.
 
Karena berat jenis uap yang dihasilkan di ruang bakar berbeda dengan berat jenis oli yang terkandung di dalamnya, maka dengan sendirinya oli akan terpisah di dalam botol kecap. Dalam jarak tempuh 5000 km biasanya tertampung sebanyak 3 sendok makan oli dari uap oli dari ruang bakar. 



Menurut Ferry, penggunaan OCT ini juga bisa menjadi tolak ukur terhadap jenis oli yang biasa kita pakai. "kalau kualitasnya buruk, oli yang tertampung di dalam botol kecap akan lebih banyak," tutupnya. (Mobil.otomotifnet.com)
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa