Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aman Berkendara di Jalan Berkabut, Ini Jurusnya

Senin, 17 Februari 2014 | 14:39 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Curah abu vulkanik cukup tebal dari letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, sampai mengganggu jarak pandang saat berkendara. Mau ngebut, tak tahu kondisi jalan di depan. Jalan perlahan, takut diseruduk.

Lantas, bagaimana cara mengemudi ketika jarak pandang terganggu?  “Pada dasarnya, teknik berkendara saat di tengah hujan abu tidak jauh berbeda di jalan berkabut," buka Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensif Driving Center. 

Pesan Jusri, persiapkan kendaraan seperti wiper berfungsi dan tabung air terisi penuh (dicampur dengan cairan khusus wiper). Kemudian, pantau berita dari radio maupun alat komunikasi lain untuk mendapatkan informasi terkini dari BMKG atau BNPB.


Nah, kala berkendara, usahakan jalan pelan-pelan dengan kecepatan tertinggi antara 30 sampai 40 km/jam. Kecepatan bisa lebih lambat lagi jika kondisi jalan lebih buruk lagi. Seperti licin akibat abu vulkanik terkena siraman air hujan. 

Gunakan lampu utama dan belakang sebagai pertanda keberadaan posisi kita oleh pengendara lain. Dihimbau, kendaraan yang sudah memakai bohlam halogen, sebaiknya balik ke standar. Pasalnya, sinar yang putih tidak mampu menembus abu. 

Bunyikan klakson, terlebih di persimpangan. Jangan paksakan laju kendaraan ketika jarak pandang terganggu dan ambil jarak aman dengan kendaraan di depan menurut jarak pandang yang terjangkau. Penggunaan lampu kabut (fog lamp) cukup membantu penyinaran dari lampu utama, terutama menerangi bagian bawah.

Dan terakhir, "Saat berkendara konsentrasi tinggi. Karena, sedikit saja lengah akan merugikan diri sendiri ataupun untuk orang lain," tutup Jusri. (Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa