Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata, Audio Juga Punya Masa Inreyen

Selasa, 21 Januari 2014 | 17:59 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pemilik mobil baru mungkin banyak yang belum tahu. Ternyata, fitur hiburan itu punya masa inreyen atau break in. Maksudnya, audio butuh adaptasi lantaran setiap suku cadang dibikin dari bahan statik alias tidak bergerak. Meski, pada akhirnya komponen itu akan bergerak.

Semisal, speaker bisa disebut sebagai sebagai elektromekanik. Ada bagian yang dialiri listrik, tapi juga ada yang bersifat mekanik. Makanya, satu unit speaker terdiri dari suspensi motor dan sasis.

Kerja suspensi naik-turun yang belum diketahui berapa kali gerakannya, seberapa cepat, lalu di bagian mana saja yang perlu kelenturan tinggi dan bagian mana saja yang perlu kelenturan rendah kalau diukur dari porosnya.

"Nah, di sinilah proses break in menjadi perlu," buka Utanto Wibowo yang akrab disapa Yung Yung. Ia melanjutkan, gampangnya seperti baju baru. Ketika baru dipakai kan enggak pas. Tapi, setelah satu atau dua bulan, baru enak di badan.

Untuk penggunaan audio di mobil baru, volume dengar normalnya dianjurkan 80-90 db selama kurang lebih 100 jam. Dalam masa ini, upayakan agar semua frekuensi bekerja, mulai dari terendah sampai tertinggi. Caranya, biasanya para installer mempunyai CD khusus untuk sistem audio yang baru di-install yang isinya hanya berupa dengungan dan lain-lain.

"Kalau saya biasanya pakai XLO Burn in CD. Dengan CD ini, semua frekuensi ditembak agar bekerja semua," tambah Yung Yung.

Hasilnya, audio yang sudah melewati masa inreyen, suara lebih halus dan detailnya terdengar. Silakan, buktikan. (Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa