Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Oli Transmisi Otomatis Nissan March, Gara-gara Long Life

billy - Rabu, 28 Agustus 2013 | 17:11 WIB
Nissan March ubahan M'z Speed
mzspeed
Nissan March ubahan M'z Speed

Otomotifnet.com - Bagi pemilik Nissan March yang suka utak atik sendiri, suka dipusingkan karena dipstick ATF (Automatic Transmission Fluid) susah dibuka.

Hal ini tentu merepotkan jika ingin sekadar mengecek level oli transmisi. Padahal, khawatir kalau terlalu lama atau lupa mengganti oli matik. Pengin juga kan memantau kondisi oli matik.


Tentu tidak hanya di Nissan March saja yang menggunakan long life ATF, sebut saja Toyota Altis mulai tahun 2010, Peugeot 206 dan masih banyak lagi.
 
“Sebenarnya bukannya tidak perlu diganti oli transmisi otomatisnya, namum interval penggantian yang sangat lama merupakan salah satu alasan pabrikan menghilangkan dipstick,” sebut Hendri Firman, service advisor Nissan Puri Indah, Jakbar.

“Lagipula dipstick Nissan March tidak dapat dijadikan potokan karena sticknya sangat pendek,” tambah Hendri.

Nissan March ubahan M'z Speed
mzspeed
Nissan March ubahan M'z Speed
Cara penggantian oli transmisi otomatis Nissan March agak lebih susah dibandingkan dengan kendaraan lain yang belum mengadopsi jenis long life.
 
“Agak repot jika mau melakukannya di rumah, sebaiknya bawa ke bengkel resmi Nissan karena peralatannya lebih lengkap,” ujar Hendri lagi.

Kapasitas oli transmisi automatic yang dibutuhkan March sebanyak 8 liter dengan interval penggantian oli setiap 120.000 km menurut buku manual Nissan.

Namun, kalau masih penasaran cara memeriksa level oli transmisi otomatis. Hatchback 1.200 cc ini harus berada di permukaan yang benar-benar rata dan datar.

 
Lalu hidupkan mesin kendaraan dan pindahkan tuas perseneling ke semua posisi sambil menginjak rem. Setelah itu buka baut drain oli yang ada di bagian bawah bak oli.
 
Jika oli tidak keluar dari lubang drain tadi, tandanya level oli sudah kurang dari spesifikasi. Tambahkan oli genuine dari Nissan lewat lubang pengisian di bagian atas.

“Kecuali kalau untuk mengganti oli transmisi otomatis, baiknya dengan cara dikuras dengan alat ATF changer,” bilang Rudi Solihin dari Ramayana Motor di Kedoya, Jakbar.  (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa