Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Efisiensi Bahan Bakar, Pakai Ban Standar

billy - Jumat, 28 Juni 2013 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Penggantian pelek dengan yang lebih besar menjadi salah satu opsi yang paling banyak dilakukan. Sebab akan langsung mendongkrak tampilan mobil. Namun dibalik itu semua, tersimpan potensi memboroskan bahan bakar.

Rata-rata pelek yang besar memiliki bobot yang juga berat, maka untuk menggerakkan mobil harus diinjak pedal gas lebih dalam. Selain itu, biasanya telapak ban juga lebih lebar dibanding standarnya. Memang lebih stabil, namun juga menyumbang keborosan bahan bakar.

Sebaiknya, menggunakan pelek dengan ukuran standar pabrik. Selain tampilan tetap terdongkrak, namun tak terlalu menguras bahan bakar.

Perhatikan juga tekanan angin ban. Tekanan yang kurang selain berbahaya dan bisa merusak ban, juga membuat bahan bakar boros. “Sebab dengan angin yang kurang, jadi lebih berat," sebut Adang Apandi, senior manager product technical PT Gajah Tunggal Tbk.

Namun jangan juga terlalu berlebihan, sebab akan membuat bantingan mobil jadi lebih keras dan berkendara tidak nyaman. Patokan paling mudah, lihat saja stiker yang terpampang di pintu. Pada stiker itu jelas sekali tekanan yang direkomendasikan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa