Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Sistem Pengereman, Soal Cakram

billy - Senin, 19 November 2012 | 08:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Istilah kerennya discbrake. Berbentuk seperti piring yang berada di balik pelek. Bersamaan dengan disc terdapat kaliper dan kampas sebagai penjepit piringan cakram.

Lantaran selalu dijepit kampas rem dan bergesek, cakram rem mengalami penipisan permukaan cakram. Kalau kualitas kampas rem dan tekanan piston dari kaliper berjalan normal, disc akan habis secara merata.

Sebaliknya bila ada kesalahan pada peranti penjepit, permukaan cakram kerap bergelombang. Kalau sudah begini, pengereman tidak bisa optimal.

Perbaikannya dengan membubut ulang untuk meratakan permukaan cakram. Cakram sendiri ada beberapa jenis mulai dari model ventilated disc, cross drilled disc dan non-ventilated disc.

Versi cross drilled biasanya dipakai untuk mobil kencang yang mampu melesat di atas 200 km/jam, karena cakram ini bisa menahan panas akibat gesekan tinggi dengan kampas rem secara ekstrem.  (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa