Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Cara Simpel Ngecas HP di Mobil

billy - Senin, 7 Januari 2013 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Orang yang memiliki mobilitas tinggi dapat diartikan punya banyak kegiatan yang menyita waktu. Karena kesibukannya itu, kadang sampai lupa ngisi kembali baterai handphone atau gadget yang sudah low bat. Urusan bakal berantakan jika di tengah kesibukan, tidak bisa menjalin komunikasi. Bisa mati gaya!

Solusinya membawa powerbank yang kini kian populer sebagai back-up pengisi baterai. Atau ketika berada di kendaraan, tinggal colok kabel charger ke lighter. Namun apa jadinya jika kedua peranti tadi tak berada di dekat Anda. Hal demikian bisa diatasi dengan Qi wireless charging yang dapat mengisi baterai smartphone tanpa menggunakan kabel.

Sistem Qi (dibaca: chee) yang merupakan pengembangan dari perusahaan Wireless Power Consortium (PWC), dikenal sebagai peranti yang dapat mengisi baterai smartphone. Sudah 34 merek mobile phone yang bisa konek dengannya. Baru-baru ini Toyota memperkenalkan aplikasi itu di mobil barunya, Avalon 2013.

Toyota sebagai pabrikan besar mengklaim yang pertama menawarkan sistem itu. Sebelumnya GM pernah berencana meluncurkan tatakan charger Powermat pada Chevrolet Volt, namun hingga kini belum terwujud. Begitupun Chrysler untuk Dodge Dart, namun hanya sebagai aksesori aftermarket lewat Mopar.

Pada Toyota Avalon, untuk mengisi ulang baterai, letakkan HP di laci yang tatakannya didesain khusus. Lampu LED di tatakan itu akan menyala sebagai tanda proses pengisian. Saat pengisian, laci bisa digeser/tutup dan indikator pengisian ada di bagian luar yang tombolnya bisa ditekan untuk menghentikan pengisian.

Sayangnya tidak semua HP sudah built-in Qi wireless charging. Hanya Google Nexus 4, Nokia Lumia 920 dan HTC Windows Phone 8X. Smartphone populer lainnya seperti iPhone dan BlackBerry dan Samsung harus membeli alat tambahan lagi yang dijual di toko-toko elektronik.

Misal iPhone pakai casing keluaran Energizer, pemakaiannya seperti menggunakan casing tambahan lalu letakkan di tatakan Qi. Untuk Samsung Galaxy S III, buka penutup belakang lalu dipasangkan produk aftermarket khusus untuk bisa konek ke tatakan itu.

Meski bukan barang baru, paling tidak inilah inovasi terkini cara mengisi baterai HP di kendaraan tanpa repot menggunakan kabel. Toyota Avalon Limited 2013 dijual Rp 388 juta lebih dan varian Hybrid Limited Rp 400 juta lebih. Jika mau pakai sistem Qi tambah kocek lagi hampir Rp 17 juta. Wuiiihh... . (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa