Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GM Akan Pakai Material Magnesium Agar Mobil Lebih Ringan dan Irit BBM

Kamis, 25 Oktober 2012 | 15:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Detroit - Banyak cara dilakukan pabrikan untuk menghadirkan mobil yang irit BBM. Salah satunya dengan mengurangi bobot kendaraan. Itulah yang coba dilakukan General Motors yang saat ini sudah menemukan solusinya.

Pabrikan Amerika ini akan mulai menggunakan bahan magnesium pada kendaraannya yang bertujuan guna memangkas bobot kendaraan. Diharapkan, hasilnya nanti dapat mengurangi bobot kendaraan 9-12 persen. Soalnya bahan magnesium lebih ringan 75 persen dari baja dan 33 persen dari aluminium.

Selain itu, efek baik dari bahan tersebut adalah mudah dibentuk untuk digunakan sebagai panel pintu dan bagian bodi mobil lainnya. Caranya, bahan magnesium dipanaskan hingga 450 derajat celsius.

"Bahan magnesium 75 persen lebih ringan dari baja dan 33 persen lebih ringan dari aluminium," kata Insiyur GM, Paul Krajewski.

GM menjelaskan bahan Magnesium sangat potensial untuk jenis kendaraan mereka mulai dari sedan, Multi Purpose Vehicle (MPV) hingga Sport Utility Vehicle (SUV), yang rencananya baru akan diterapkan di tahun depan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa