Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih, Fitur Baru yang Sudah Ada di Mobil Lawas

Rabu, 12 September 2012 | 11:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Saat ini, banyak pabrikan mobil yang menggadang-gadang fitur modern pada produk mereka, yang bahkan diklaim sebagai yang pertama di kelasnya. Namun jangan salah, ternyata banyak fitur dan teknologi baru yang sebenarnya sudah lama ditanam pada mobil-mobil lawas. Apa saja?

Pertama adalah fitur Push-button Shifter adalah tombol transmisi yang memungkinkan pengendara mengganti gigi automatic tanpa harus menggeser tuas yang biasanya berada pada konsol tengah. Fitur ini dapat dijumpai pada sedan Lincoln MKZ 2013 terbaru.

Kenyataannya, feature serupa pernah melekat pada kendaraan mobil dan truk Vulcan sejak tahun 1913. Bahkan pabrikan Packard juga pernah mengaplikasikan feature yang sama pada mobil buatannya tahun 1957-1959.

Selanjutnya ada sistem Direct Injection yang diklaim dapat menghemat bahan bakar tanpa mempengaruhi performa mesin pada mobil saat ini. Tapi jangan salah, Direct injection pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955 oleh Mercedes-Benz 300SL, tetapi tenggelam karena saat itu sistem karburator lebih diminati.

Kemudian Push Button Starter yang dapat menyalakan mesin hanya dengan sekali tekan. Fitur ini mulai populer pada tahun 2000-an. Di Indonesia, Toyota Yaris dan Mazda CX-5 . Tapi teknologi yang sama sudah ada lebih dari seabad yang lalu, dimana Cadillac telah memakainya sejak 1912.

Dan mobil-mobil hybrid sekelas Honda Insight dan Toyota Prius yang dianggap modern ternyata telah lama ditemukan.  Mobil Lohner – Porsche buatan 1901 yang diproduksi sampai lima tahun sesudahnya diklaim sebagai mobil hybrid pertama di dunia.

Fitur Head-up Display (HUD) yang menampilkan informasi pada kaca depan yang dikenalkan oleh Continental ternyata telah dipopulerkan General Motors tahun 1988. Saat itu HUD masih menggunakan layar monokrom dan memproyeksikan kecepatan kendaraan dan data penting lainnya saat mengemudi.

SO, jadi nggak semua fitur modern kan? (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa