Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kurangi Bahaya Dengan Fitur Interaksi Voice Command

Editor - Selasa, 20 Juli 2010 | 12:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Persaingan fitur dan teknologi di mobil anyar terus bergulir. Mulai dari aplikasi multimedia untuk memanjakan telinga dan mata penumpang hingga fitur interaksi bak KITT, besutan David Hasselhoff dalam serial TV Knight Rider. Barangkali untuk sekarang ini, interaksi sebatas searah.

Meski komunikasi antara pengemudi dan mobil belum dua arah, teknologi bernama voice command ini sudah mulai familiar. Tak melulu terdapat pada besutan mewah (premium car) macam BMW, fiturnya mulai merambah ke sedan kelas menengah seperti Ford Fiesta tipe S yang telah hadir di Tanah Air.

Secara teknologi, voice command cukup banyak membantu pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan selain pegang setir dan injak pedal gas maupun pedal kopling jika ada. “Mau dial nomer telepon atau ganti channel radio tinggal ngomong saja,” terang Davy Tuilan, marketing director PT Ford Motor Indonesia saat menjelaskan voice command di Ford Fiesta.


Fungsi Keypad Pengganti Ponsel

Meski masih menggunakan pengantar dalam bahasa Inggris, voice command dianggap bisa mengurangi faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya saat mengemudikan mobil. Paling tidak, pikiran dan pandangan mata bisa selalu konsentrasi serta fokus ke jalan raya, ketimbang harus mengalihkan pandangan dan perhatian ke ponsel saat mengemudi.

Bahkan dengan beberapa setting yang user friendly, nama dan nomer ponsel atau channel stasiun radio bisa terdata atau disimpan ke dalam memory, bila sewaktu-waktu diperlukan. “Menghubungi seseorang tinggal sebut namannya dan komputer akan memanggil nomer yang dimaksud,” terang Davy lagi.

Teknologi memang diciptakan untuk memudahkan hidup. Tapi bisa ter-detect gak ya, buat pengemudi yang kental dengan logat daerah atau orang lagi bindeng karena sakit flu!

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa