Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bagaimana Mengoperasikan Cruise Control Pada Chevrolet Cruze?

Editor - Kamis, 11 Maret 2010 | 09:25 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Beberapa panel untuk mengoperasikan cruise control pada Chevrolet Cruze

OTOMOTIFNET - Menikmati kenyamanan sebuah mobil yang mengusung teknologi segambreng, tidak selamanya harus dimulai  lewat test performa dengan menginjak pedal gas sedalam-dalamnya. Tetapi bisa juga dimulai dari fitur yang ditawarkan pada mobil tersebut.

Kali ini OTOMOTIFNET.com ingin berbagi cara menggunakan fitur cruise control pada Chevrolet Cruze. Sebelum konsumen  membeli mobil tersebut setelah 15 Maret 2009, konsumen akan memiliki gambaran bagaimana cara kerja dan kenyamanan menggunakan cruise control.
 
Cruise control merupakan salah satu teknologi baru yang disematkan pada Cruze yang tidak terdapat pada produk kompetitor  di kelasnya. Cruise control berguna untuk menjaga kecepatan konstan yang diinginkan pada mobil, sehingga pengendara bisa mengistirahatkan kaki dan hanya fokus pada pengendalian steering wheel dan rem.

Saat OTOMOTIFNET.com melakukan tes jalan bersama rombongan PT General Motors AutoWorld Indoensia (GMAI) pada Senin (08/03) dari Bumi Parahyangan Bandung ke kawasan Jatinangor Golf sepanjang 45 km, fitur ini bekerja sangat baik. Yaitu menjaga kecepatan konstan sesuai dengan yang diinginkan.

Selain menjaga kecepatan konstan, karena ini merupakan cruise control generasi terbaru, maka pengendara juga bebas untuk berpindah pada kecepatan konstan yang diinginkan. Hanya dengan menggeser panel setting ke atas dan menahannya sesuai dengan kecepatan yang diinginkan, tanpa menginjak pedal gas.


Panel untuk mengaktifkan cruise control (kiri), panel scroll untuk setting dan mengembalikan fngsi cruise control (tengah), panel untuk menonaktifkan fitur cruise control (kanan)

“Fitur cruise control ini lebih fleksibel dibandingkan dengan cruise control convensional yang terdapat pada mobil-mobil premium lain. Karena saat kecepatan konstan telah disetting pada mobil tersebut, secara perlahan pengendara juga bisa menaikkan atau menurunkan kecepatan konstan yang diinginkan hanya dengan menggeser ke atas atau ke bawah pada panel cruise control di steering wheel,” jelas Satya Adi Pradana, Product Planning Specialist, PT GMAI.

Tentunya kecepatan konstan yang dijaga berlaku untuk semua kondisi jalan, seperti saat menanjak ataupun menurun. Saat menanjak katup throttle akan membuka penuh untuk mendapatkan tenaga lebih, dan akan menutup setengah saat jalan mulai mendatar. Demikian juga halnya saat menekan pedal rem, dan mengaktigkannya kembali. Sementara jika jalan menurun, kecepatan konstan dijaga dengan engine brake dan rem otomatis.

“Jika pedal rem atau pedal gas diinjak, secara otomatis fitur cruise control-nya akan berhenti walaupun panelnya tetap pada posisi On. Untuk mengaktifkannya kembali, pengendara tinggal menggeser scroll disamping panel On/Off ke atas,” papar Dana kemudian.

Berikut beberapa panduan singkat untuk menggunakan cruise control pada Chevi Cruze:

1.    Tekan panel cruise control pada posisi On, jika anda menginginkan kecepatan konstan saat berada di kecepatan tertentu, lalu scroll kebawah untuk setting kecepatan konstan.
2.    Ada baiknya posisi kaki kanan stand-by di pedal rem, untuk menonaktifkan fitur cruise control, jika tiba-tiba jarak anda dengan mobil di depan terlalu dekat.
3.    Untuk mengaktifkannya lagi, cukup menggeser panel scroll ke posisi atas, sekali saja.
4.    Jika ingin meningkatkan kecepatan konstan, misalnya dari 80 kpj ke 100 kpj, pengendara tinggal mengarahkan scroll keatas dan menahan hingga speedometer menunjuk angka 100 kpj. Begitu pula sebaliknya jika ingin mengurangi kecepatan konstan yang diinginkan. Yaitu cukup mengarahkan scroll kebawah dan menahannya hingga kecepatan konstan yang diinginkan.
5.    Jika anda memasuki gerbang tol, atau berada di kondisi lalulintas yang cukup ramai, sebaiknya cruise control dinon-aktifkan saja, untuk mengendara yang lebih aman. Yaitu dengan cara menekan tombol sebaliknya pada bagian bawah panel on/off.
6.     Bisa juga menonaktifkan fitur tersebut melalui panel sebelah kiri, yang dilengkapi dengan tanda silang.

Penulis/Foto : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa