Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Jenis-jenis Aditif Bensin Dipasaran

Rabu, 3 Juli 2013 | 16:30 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta – Selain mengandung zat-zat berbahaya, namun beberapa jenis aditif terbilang baik untuk campuran bahan bakar. Bahkan zat tersebut mampu meningkatkan mutu bahan bakar, serta menghindari mesin dari gejala knocking (nglitik). Lalu bagaimana jenis aditif tersebut?

“Pengolahan mutu bensin dapat dilakukan di pengilangan dan juga bisa ditingkatkan dengan proses penambahan aditif seperti aditif organometalic, oksigenat, dan komponen blending,” buka Lies Aissyah, Peneliti bahan bakar Lemigas pada seminar penggunaan Octane Enhancer Non Oxygenate pada bahan bakar bensin pada Rabu (3/7).

Menurutnya, aditif bensin yang efektif adalah jika penambahan aditif bensin tidak merubah sifat karakteristik dan spesifikasi bensin lainnya.

"Sebagai contoh, jika aditif merupakan peningkat angka oktan atau octane booster,  maka meningkatnya angka oktana tidak boleh merubah sifat lainnya seperti berat jenis atau titik didih. Jika penambahan aditif angka oktana merubah parameter sifat lainnya, maka aditif tersebut tidak baik,” paparnya.

Dirinya juga menambahkan jika jenis-jenis aditif bahan bakar bensin terdiri dari beberapa tipe dan kegunaan.

“Diantaranya aditif anti ketuk untuk angka oktana. Aditif combustion deposit modifier untuk mencegah akumulasi deposit. Aditif inhibitor oksidasi untuk mencegah oksidasi dan pembentukan getah. Aditif inhibitor karat untuk menghindari pembentukan karat. Aditif demulsifier untuk mencegah terjadinya emulsi akibat kandungan air pada bahan bakar,” pungkas Lies. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa