Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Accord 2013, Mewah dengan Teknologi Baru

billy - Senin, 17 Desember 2012 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mendekati pengujung 2012, Honda memperkenalkan Accord baru di Los Angeles Auto Show, akhir November lalu. Tampang model 2013 ini sudah muncul sejak Agustus lalu. Dibekali sejumlah teknologi dan desain bodi tercanggih dalam sejarah 37 tahun keberadaan Accord. Tak hanya penampilan, efisensi bahan bakarnya dan handling juga ditingkatkan. Kehadirannya menandai generasi kesembilan sedan terlaris Honda kelas menengah ini.

ALARM TABRAKAN

Lebih mewah, canggih dan performanya lebih baik dibanding model sebelumnya, itulah sekilas gambaran Accord baru. Panjang eksterior dan jarak sumbu roda lebih kompak ketimbang generasi saat ini.

Dibanding New Full Size Accord yang beredar di Indonesia, dimensinya berbeda. Panjang 4.861 mm (New Full Size Accord 4.935 mm), lebar 1.849 mm (1.845 mm), tinggi 1.465 mm (1.476 mm), jarak sumbu roda 2.776 mm (2.800 mm).

Perbedaan lain terlihat pada gril berbentuk "U" dengan dua garis horizontal krom. Pada Accord sebelumnya, ujung kedua garis itu melengkung ke atas. Bumpernya lebih membulat, tak ada lagi pola garis-garis lurus seperti pada New Full Size Accord.

Lampu kabutnya model kotak memanjang ke samping dan lampu utama menggunakan proyektor dan ditambah lampu LED Daytime Running Lights. Perubahan ini membuat Accord tampak lebih modern dan elegan.

Garis tegas di samping bodi tidak berubah. Untuk bodi, Honda Amerika menginformasikan bodinya menggunakan 55,8% baja yang lebih kuat. Bahan baja ini memiliki grade tertinggi yang belum pernah dipakai pada Accord sebelumnya.

Desain pelek 18 inci yang dipakainya, membuat Accord baru ini tambah sporty. Perubahan di belakang, lampu rem juga mengaplikasi LED.

Interiornya ada layar LCD 8 inci yang teritegrasi dengan sistem audio video, navigasi dan kamera mundur serta untuk memonitor blind spot, juga berfungsi sebagai i-MID. Audionya menggunakan layar sentuh.


Accord baru disusupi 6 airbag, fitur baru LDW (Lane Departure Warning) dan FCW (Forward Collision Warning). Kedua sistem ini menggunakan kamera yang dipasang di belakang kaca depan dan kaca spion, untuk memperingatkan pengemudi jika mobil bergerak keluar dari jalur dan berpotensi tabrakan di depannya.

Mesin yang digunakan 2.400 cc Earth Dreams, tenaga maksimumnya 185 dk dengan transmisi manual 6-percepatan atau CVT. Model tertinggi menggendong dapur pacu 3.500 cc V6 Earth Dreams bertenaga 278 dk dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Accord 2013 sudah siap dijual tahun depan, bahkan China sudah siap memasukkan di pasar domestiknya. Apakah model ini yang akan dipasarkan PT Honda Prospect Motor, APM mobil Honda sebagai pengganti Accord tahun depan? Kita lihat saja bulan depan! (mobil.otomotifnet.com)

Teknologi Keselamatan

Honda memperkenalkan berbagai fitur baru keselamatan dan meningkatkan visibilitas pengemudi. Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan pada Accord 2013, yaitu teknologi LDW (Lane Departure Warning) dan FCW (Forward Collision Warning).

Sedan empat pintu ini ditargetkan mendapatkan nilai tertinggi pada New Car Assessment Program (NCAP) dan Insurance Insitute for Highway Safety2 (IIHS), badan evaluasi kendaraan pemerintah federal.

Selain itu Accord juga dilengkapi teknologi baru untuk membantu meningkatkan visibilitas pengemudi di sekitar kendaraan. Accord jadi model pertama yang memiliki display blind-spot, untuk menyempurnakan penglihatan di samping. Kamera kecil pada rumah kaca spion di samping penumpang akan aktif ketika menyalakan lampu sein sebelum pindah jalur. Tampilan wide-angle akan muncul di layar i-MID.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa