Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lirik Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Avanza Veloz M/T 2012

billy - Selasa, 25 September 2012 | 07:07 WIB
Toyota Avanza Veloz 2012
Kyn/Otomotifnet.com
Toyota Avanza Veloz 2012

Toyota Avanza Veloz 2012
Kyn/Otomotifnet.com
Toyota Avanza Veloz 2012

Meski masih terbilang baru, All New Avanza Veloz rupanya sudah mulai menampakkan diri di pasar mobil bekas Jabodetabek. Dengan kondisi yang nyaris seperti baru, Veloz siap Anda pinang.


Setidaknya ada beberapa keuntungan kalau Anda meminangnya. Pertama, pada umumnya membeli mobkas prosesnya terbilang cepat. Bahkan dalam hitungan jam.
 
Sedangkan kalau membeli versi baru perlu waktu berhari-hari bahkan bulanan sampai ke tangan konsumen. Maklum saja, urusan dokumen ken­daraan baru memang memakan waktu lebih lama.
Toyota Avanza Veloz 2012
Kyn/Otomotifnet.com
Toyota Avanza Veloz 2012
Selain itu, bila dilihat dari sisi harga juga lebih terjangkau dari kendaraan baru dengan tahun yang sama. Untuk versi terbarunya sendiri tercatat Rp 174,4 juta.
 
Menariknya lagi, membeli versi bekas, biasanya sudah ada yang diupgrade, baik eksterior, maupun interior, termasuk in car entertainment. Bahkan urusan aftersales service juga masih ‘dimanjakan’ oleh bengkel resmi.

Bila menilik dari tampilan, dibandingkan dengan tipe G, Veloz memang terlihat lebih mewah.

 
Dengan desain bumper depan belakang, dilengkapi dengan side skirt di sisi kiri dan kanan menambah kesan elegan. Tambahan lainnya adalah rear roof spoiler serta desain pelek yang beda total, Veloz memang lebih ‘outstanding’.
Toyota Avanza Veloz 2012
Kyn/Otomotifnet.com
Toyota Avanza Veloz 2012
Selain itu ‘jantungnya’ juga beda dengan tipe G yang cuma berkapasitas 1.300 cc, untuk Veloz dibekali dengan mesin 4 silinder 1.500 VVT-i yang dijamin lebih bertenaga namun tetap irit BBM. “Konsumsinya bisa sekitar satu liter untuk 11-12 km,” ujar Sartono, Technical Leader Auto2000.

Beralih ke suspensi, Veloz juga pasti lebih nyaman dan lebih stabil dibanding­kan pendahulunya. “Saya sering ke Bandung lewat Puncak, terbukti memang lebih stabil dan nyaman,”ujar Rachmat, salah satu pemilik Veloz.

 
Lanjutnya, power steering yang sekarang menggunakan sistem elektrik juga lebih enteng dengan sistem speed sensor agar ketika kecepatan tinggi otomatis power steeringnya menyesuaikan.

Meski begitu, ada satu kelemahan Veloz yang sempat dikeluhkan beberapa pemilik.

 
“Sistem pengaturan suplai bahan bakar agak terlambat menyuplai bahan bakarnya, tapi bisa diprogram ulang di bengkel resmi, setelah itu pasti normal kembali,” jelas Sartono.
 
Gejalanya lebih terasa pada transmisi manual, ketika pindah dari gear pertama ke berikutnya, RPM sedikit terlambat turun atau agak nahan sekitar 1-2 detik. Hal ini terjadi di beberapa unit produksi awal, yang sekarang sudah tidak lagi.
Toyota Avanza Veloz 2012
Kyn/Otomotifnet.com
Toyota Avanza Veloz 2012
Nah, kurang apalagi?.  (mobil.otomotifnet.com)

KELEBIHAN

1. Resale value terjaga
2. Pengendalian nyaman dengan pandangan kemudi yang lapang
3. Jaringan aftersales service yang luas

Data Spesifikasi
Kapasitas mesin: 1.500 cc
Konfigurasi mesin: 4 Silinder segaris VVT-i
Transmisi: Manual 5-speed
Jumlah penumpang: 6-7 dewasa

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa