Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan Ekonomi Bikin Penjualan Mobil Ramah Lingkungan Lesu

billy - Sabtu, 30 April 2011 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Amerika – Serbuan mobil ramah lingkungan yang gencar dilakukan oleh para produsen di Amerika Serikat belakangan ini, tidak serta merta mendongkrak penjualan kendaraan ‘hijau’ tersebut. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian lembaga independen asal AS, Power’s Green Automotive Study (PGAS).

Menurut penelitian tersebut, ada beberapa faktor yang membuat orang enggan untuk melirik mobil ramah lingkungan. Dantaranya, harga kendaraan yang mahal dan jarak tempuh mobil ‘hijau’ yang terbatas. Hingga kenyataan bahwa lokasi fasilitas pengisian ulang yang masih sedikit.

Mike VanNieuwkuyk,  Executive Director PGAS mengatakan. “Yang menjadi pertimbangan utama adalah masalah finansial. Dimana faktor harga kendaraan tersebut yang masih mahal, serta ketakutan akan tingginya biaya perawatan mobil hijau tersebut.”

Dirinya menambahkan, jika para konsumen sebenarnya ingin membeli mobil hijau tersebut. “Tetapi tentu dengan harga yang tidak memberatkan mereka.”

Selain itu, jarak tempuh yang terbatas juga menjadi alasan bagi konsumen untuk menjauhi mobil ramah lingkungan. Sebagai contoh, dengan konsumsi 1 liter BBM tiap 16,9 km, Chevrolet Volt hanya dapat memenuhi 70 persen perjalanan harian dari para pengguna di negeri paman Sam itu.

Riset ini juga melaporkan jika 75 persen dari konsumen mobil elektrik atau hybrid menginginkan adanya penghematan dari biaya bensin mereka. Sedihnya, hanya separuh, alias 50 persen konsumen saja yang membeli mobil hijau karena alasan peduli pada lingkungan.

Intinya, harga mobil ramah lingkungan memang harus dipangkas jika tetap ingin laris. “Lebih jauh, subsidi yang agresif dari pemerintah harus dipertahankan dengan jangka waktu lama. Terakhir, biaya dari teknologi ramah lingkungan juga perlu diturunkan,” pungkas Mike. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa