Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Ergonomi Saat Berkendara

Minggu, 12 Juli 2015 | 20:35 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Aktivitas berkendara terlihat sederhana. Padahal menyimpan potensi yang bahaya. Posisi badan yang tidak nyaman merupakan penyebab badan menjadi pegal.

“Salah satu hal yang paling krusial, apalagi dalam perjalanan jauh adalah ergonomis. Posisi ketika mengemudikan mobil atau motor harus nyaman,” ujar dokter Hario Tilarso, Sp.KO, FACSM yang berpengalaman menangani kebugaran atlet nasional tersebut.

Untuk di mobil, posisi kursi sebaiknya diatur sedemikian rupa sampai terasa kenyamanannya. Sedangkan untuk motor, sebaiknya sediakan waktu sebelum mengendarai motor untuk menemukan posisi paling nyaman ketika berada diatas motor.”

Berhenti Setiap Dua Jam

Barangkali sering mendengar soal istirahat di sela perjalanan jauh. Disarankan mengambil ritme 2-3 jam sekali harus beristirahat. Itu supaya tekanan berlebih pada saraf dan otot tubuh tidak terjadi.
“Pada setiap melakukan break, pengemudi mobil atau pengendara motor dianjurkan melakukan stretching. Gunanya untuk melemaskan badan dan merilekskan ototo-otot yang tegang,” tutup dokter senior ini. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa