Fitur Mini Connected, Ketika Mobil Bisa Bicara

Otomotifnet - Selasa, 24 Februari 2015 | 12:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


"That wasn’t long, welcome back! Montecarlo MINI!” Begitu suara yang mengagetkan OTOMOTIF saat coba menyalakan MINI Countryman pada event MINI Media Workshop


Jakarta - Ternyata, itu adalah suara dari Mission Control, salah satu fitur MINI Connected yang membuat mobil dapat berbicara tergantung dari apa yang dilakukan pengemudinya. Misalnya saat pengemudi mengaktifkan mode sport, sistemnya akan berteriak. “Great, be MINI!” Dan bila jendela depan dibuka akan muncul bunyi. “Woohoo, what a breeze in here!”

Wah, sepertinya tidak akan bosan nih kalau dikomentari terus sama mobilnya. Selain Mission Control, masih banyak fitur unik lainnya. Menurut Ariefin Makaminan, Training Manager BMW Group Indonesia, semua fitur yang ada tersebut sangat berguna untuk semakin menghubungkan mobil dengan penggunanya. “MINI Connected mengarah ke fungsi yang selama ini dicari saat mengemudi, terutama oleh anak muda, yaitu connectivity seperti social media,” jelas Ariefin.

Oh iya, agar fitur ini dapat berfungsi, anda harus menghubungkan sebuah iPhone ataupun device Android yang memiliki aplikasi MINI Connected terlebih dahulu via USB maupun Snap-in adapter. Karena data yang digunakan langsung terintegrasi dari smartphone yang digunakan dan akan hilang ketika mencabut koneksi device-nya.

Tapi, ada fitur yang tidak membutuhkan smartphone, yakni buku manual dan sejarah servis dalam bentuk digital. Pengguna MINI tidak perlu khawatir jika tidak mengerti spesifikasi ban yang digunakan, ketinggian bodi maupun hal sepele seperti cara membuka tutup bensin. Karena manual yang terintegrasi, semua infomasi yang dibutuhkan langsung dapat dicari pada infotainment screen.

Sepertinya tidak butuh penjelasan banyak untuk yang satu ini. Dengan mengkoneksikan smartphone pada MINI Connected, infotainment center akan terhubung pada media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Foursquare. Bila mau update status dengan Facebook, tinggal pilih template yang sudah disediakan. Mau check-in dengan Foursquare? Tinggal klik satu tombol saja.

Penasaran sama fitur-fitur unik lainnya? Yuk, simak beberapa di antaranya. • (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption


Driving Excitement

Suka gaya mengemudi yang cepat? Fitur ini akan cocok karena memiliki hal seperti instrumen output tenaga berupa daya kuda, torsi, temperatur mesin dan bahkan ada forcemeter yang menunjukkan berapa besar gaya G yang diterima. Sebagai tambahan, ada sistem poin yang dapat diperoleh setiap berhasil meraih sesuatu, misalnya berakselerasi cepat ataupun berbelok secara sempurna.

No caption
No credit
No caption


Dynamic Music

Bosan mendengar lagu itu-itu saja? Nah, dengan fitur ini, lagu yang diputar bisa berubah sesuai dengan gaya mengemudi. Misalnya berakselerasi mendadak, tempo lagu akan menjadi lebih cepat. Menyalakan lampu sein ke kanan, akan membuat suara terfokus pada tweeter kanan dan sebaliknya. Pilihan lagunya juga banyak, misalnya Clubbing in Moscow, Nu Metal Slam dan Shaft Works.

No caption
No credit
No caption


MINIMALISM

Untuk yang lebih menyukai gaya berkendara efisien, MINIMALISM akan jadi teman yang menyenangkan. Pada layar infotainment, diilustrasikan sebuah ikan dalam akuarium yang diletakkan di atas sebuah MINI. Jika berakselerasi lembut dan antisipasi rem yang baik, maka pada akhir perjalanan, ikan tersebut akan melompat bahagia keluar dari akuarium. Sebaliknya jika berkendara ugal-ugalan, ikan akan terpental dari akuarium dan anda tidak mendapat poin.



GoPro

Nah, ini fitur yang paling unik dari yang lainnya. Dengan MINI Connected GoPro, pemiliknya dapat menghubungkan kamera GoPro dan dapat ditampilkan maupun dikendalikan langsung dari dasbor. Mulai mengambil gambar ataupun merekam video, cukup dikendalikan dari wheel controller. Supaya tidak menganggu konsentrasi pengemudi, tampilan kameranya dimatikan dari layar bila mobil dalam keadaan bergerak.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa