Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Serunya Menari dan Tetap Safety di Lintasan Es dan Salju Finlandia

Dimas Pradopo - Rabu, 18 Februari 2015 | 15:24 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Finlandia - Enam pemenang program Fastron Winter Driving Experience (FWDE) benar-benar diuji mentalnya, diajak bersenang-senang oleh PT. Pertamina Lubricant sekaligus harus fokus menyetir di lintasan es dan salju ala safety driving, di Levi, Finlandia.

“Faktor safety tetap jadi concern utama kami,” terang Eko Ricky Eko Ricky, Manager Passenger Car Retail and Marketing PT Pertamina Lubricants yang mendampingi selama di Finlandia.

Dalam kesempatan ini, Pertamina Lubricants juga mengajak customer pilihan dari berbagai daerah untuk mencicipi lintasan salju. Menurut instruktur, menyetir di sini ibarat menari di jalanan.

Rifat Sungkar, pebalap Tanah Air yang juga brand ambassador Pertamina Lubricants, mengingatkan jika lintasan es dan salju sangat licin. "Tapi kita akan atasi dengan beberapa strategi. Tetap tenang dan boleh senang-senang,” tambahnya.

Adaptasi lainnya adalah berkaitan dengan Supercar yang dipakai, rata-rata bertenaga diatas 500 dk, tepatnya 520 dk, 560 dk hingga 600 dk. Pedal gas ditekan mendadak pasti melintir.

Tim FWDE ditantang dengan lintasan lurus dengan kun-kun yang sejajar. Setiap peserta harus bisa mengarahkan kemudi dengan cepat sekaligus mengontrol buritan agar tidak liar. Setelah lolos akan dihadang dengan belokan mirip U besar sehingga bisa sliding.

“Tekan gas jangan mendadak dan setir harus imbang dengan arah pandangan mau kemana,” terang Rifat. Soalnya arah roda depan dengan moncong Supercar ini bisa berlawan. Seperti bodi mobil bergeser ke satu arah namaun roda depan aktif mengimbangi ke kanan dan kiri.


Nyangkut? Tenang ada Porsche Cayenne akan sigap menarik mobil kembali ke lintasan

Setelah kun diarahkan melahap lintasan bulat kecil seperti donat untuk membiasakan berkendara dengan sliding. Beberapa bersorak kegirangan karena berhasil walau hanya seperempat lingkaran.

Lintasan ini berdiameter sekitar 10 meter. Lingkarangan yang lebih besar jadi tantangan selanjutnya. Namun tak sedikit yang berakhir nyangkut di tumpukan salju.

“Saya nyangkut hingga 3 kali,” tutur Ester Sitompul. Jangan khawatir, satu unit Porsche Cayenne akan sigap menarik mobil ke lintasan awal.

Seru banget! (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa