Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 : Jenson Button Dampingi Alonso di McLaren

Dimas Pradopo - Jumat, 12 Desember 2014 | 18:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Inggris – Pekan lalu para petinggi tim McLaren belum menemukan titik terang mengenai susunan pembalapnya untuk musim 2015. Berbagai pihak mempertanyakan penundaan itu. Pastinya banyak pertimbangan untuk menentukan siapa yang dipertahankan, antara Jenson Button atau Kevin Magnussen untuk menemai Fernando Alonso.
   
Kamis (11/12) pagi akhirnya tim bermarkas di Woking, Inggris itu mengumumkan kepada khalayak line-up pembalapnya. Jenson Button terpilih mendampingi Alonso.
   
Bos McLaren Group, Ron Dennis sebelumnya memang lebih tertarik pada Magnussen. Tetapi setelah berunding dengan anggota dewan, Button dipilih karena pengalaman yang dimiliki.

Secara performa, Button yang berusia 34 tahun dan Magnussen (22 tahun) yang memulai debutnya musim ini, seimbang. Data hasil kualifikasi menunjukkan perbanding 10-9 dalam 19 balapan di 2014.

Tetapi hasil lomba, Button lebih bagus. Pada klasemen akhir, point Button dua kali lebih banyak dari rookie asal Denmark itu. Button menempati posisi 8 (126 point), Magnussen bertengger di urutan 11 (55 point).

Dengan demikian Button akan menjalani musim ke-16 di balap F1. Memulai karier di tim Williams pada tahun 2000, pembalap kelahiran Frome, Somerset, Inggris ini meraih juara dunia pada 2009 bersama tim Brawn GP.

Tim Mclaren diperkuat dua juara dunia, setelah Alonso menandatangani kesepakatan senilai sekitar Rp 500 miliar setahun dengan masa kontrak dua tahun dan sekali opsi.

Pembalap Spanyol itu pernah di McLaren pada 2007 jadi rekan setim Lewis Hamilton. Saat itu McLaren terlibat kasus spionase, di akhir musim point kejuaraan konstruktornya dihapus.

Button dikontrak setahun dan kabarnya, gajinya dikurangi setidaknya setengah dari Rp 180 miliar yang didapatnya di 2014. Tahun  depan McLaren menggunakan mesin Honda, setelah 20 musim balapan bermitra dengan Mercedes-Benz.
   
“Menjadi bagian dari penampilan baru (McLaren-Honda) adalah kesempatan bagus bagi kita semua. Saya benar-benar gembira,” ujar Button sumringah.   

Ia juga senang Magnussen tetap jadi bagian dari tim dan memuji kalau mantan rekan setimnya itu pembalap yang bagus. Bagi Button, bersama orang-orang Honda bukan hal baru. ia pernah bersama tim Honda pada 2003-2008.

Ron Dennis menyebut line-up pembalapnya sebagai yang terbaik di F1 saat ini. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Magnussen yang tampil gemilang.

Magnussen yang merupakan pembalap binaan tim McLaren di bawah naungan Young Driver Programme, menjadi pembalap cadangan di 2015. (otomotifnet.com)

Fernando Alonso
usia : 33
negara : Spanyol
juara dunia : 2
balapan : 236
menang : 32
podium : 97

Jenson Button
usia : 34
negara : Inggris
juara dunia : 1
balapan : 268
menang : 15
podium : 50

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa