Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

YCR Aplikasi Regulasi Kultur Baru di Paddock Tim Balap

Bagja - Senin, 20 Mei 2013 | 11:12 WIB


New Race Culture
atau budaya balap baru yang diterapkan di One Make Race (OMR) Yamaha Cup Race (YCR) tahun ini akhirnya dirasakan oleh tim, pembalap dan pengunjung. Atmosfir berbeda ini, merupakan edukasi inovasi dari Yamaha, agar tidak sekedar semata menyajikan balapan di sirkuit.

Seperti penataan manajemen organisasi yang tertata lebih rapi, konsep yang dituangkan di YCR 2013 dirancang sedemikian rupa agar lebih profesional. Mulai dari paddock dan pembalap di sirkuit dibuat nyaman, bersih dan ramah lingkungan. Ini sejalan dengan tujuan memperbaiki level event balap agar sekelas Asia dan terbiasa layaknya berkiprah di ajang internasional melalui regulasi YCR.

Dimulai dari seri pertama YCR tahun ini yang juga untuk pertama kalinya digelar akhir pekan lalu di Sirkuit Brigif, Cimahi (19/5) Yamaha memperlihatkan New Race Culture alias budaya baru dalam dunia balap.    

”Cara kerja mekanik, pembalap di paddock dan lingkup area sirkuit diperbaiki dengan fasilitas-fasilitas baru. Kultur ini akan berkembang menjadi kebiasaan dan sikap positif yang mencerminkan New Race Culture. Ini standar tinggi yang ditetapkan Yamaha untuk dijalankan bersama,” jelas M.Abidin, General Manager Service & Motorsport Yamaha Indonesia.

”Saya setuju dan senang ada budaya baru seperti ini di balapan Yamaha. Tim dan pembalap dilatih jadi lebih profesional, tidak hanya tahu bagaimana balapan dan menang di sirkuit. Ini jadi modal saat bisa sampai di tingkat Asia maupun dunia, sudah terbiasa dan tahu bagaimana bersikap,” tutur Tamy Pratama, pembalap Yamaha yang tampil di YCR dan Motoprix.   

Bagaimana mekanik dan pembalap mempraktikkannya ? Misalnya dimulai dari penyediaan drainer – tempat pembuangan oli-oli sisa sehingga tidak berceceran di area paddock. Perangkat penting lainnya yaitu alat pemadam kebakaran (apar) juga disediakan. Mengingat rawannya lingkungan paddock dengan bahan-bahan pemicu kebakaran, Yamaha sigap mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan itu.

Ditambah lagi pemberlakuan No Smoking Area sehingga tim, mekanik, pengunjung dan semua pihak yang berada di sirkuit dan sekitarnya tidak sembarangan lagi mengepulkan asap rokok di tempat yang tidak seharusnya. 

Sebagai bentuk apresiasi dari yang mengikuti New Race Culture, salah satunya dengan penghargaan untuk tim terbaik yang paling rapi dan bersih menjaga paddock. Pastinya ini jadi kebanggaan tersendiri dan terpenting berhasil membangun tim yang tidak hanya berkompetisi di sirkuit, tapi juga budaya balap positif di luar trek. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa