Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Formula E : Nicolas Prost Menangkan Pertarungan Mendebarkan

Dimas Pradopo - Minggu, 15 Maret 2015 | 20:46 WIB
No caption
No credit
No caption


Miami – Nicolas Prost memenangkan seri kelima Formula E di Miami ePrix, Sabtu (14/3) lewat pertarungan mendebarkan hingga lap terakhir.

Pembalap tim e.Dams itu menyalip Daniel Abt untuk mengambil alih pimpinan. Kemudian ia menahan Scott Speed hingga finish.

Jean-Eric Vergne mengawali lomba dari pole position, namun hampir kehilangan posisi di tikungan pertama. Vergne mampu menahan Prost. Di belakangnya, Sam Bird melesat di tempat ketiga setelah menyalip Abt.

Tak lama kemudian giliran Prost dilewati Bird lewat manuver yang bagus. Pembalap Inggris ini kemudian mengejar Vergne. Di lap keempat, Bird pas berada di belakang mantan pembalap F1 tim Toro Rosso itu.

Di belakang mereka, Prost, Abt, Stephane Sarrazin, pimpinan klasemen Lucas di Grassi. Hingga lap 17 jarak Vergne dengan Bird hanya setengah detik.

Setelah ganti mobil dengan tenaga listrik yang full, Abt, Prost dan di Grassi berada di depan Vergne yang kehilangan 7 detik dari para pesaingnya ketiga ganti mobil.

Menjelang lomba mencapai puncaknya, Vergne disalip beberapa pembalap. Sisa tiga lap, Speed melewati di Grassi untuk menempati posisi tiga dan mengincar posisi dua pembalap di depannya.

Prost mengambil alih posisi terdepan dari Abt, Speed juga ikut menyalip pembalap Jerman itu yang sudah terlalu banyak menggunakan tenaga baterai mobilnya. 

Situasi lomba cukup mendebarkan ketika mobil Prost menabrak tembok sirkuit di lap terakhir. Namun Speed tidak bisa mengejar karean sudah terlalu banyak memanfaatkan tenaga mobilnya.

“Saya sedikit beruntung setelah menabrak tembok di akhir lomba,” ujar Prost yang berada di podium berasama ayahnya yang mantan juara dunia F1, Alain Prost.

Abt yang naik podium ketiga, mengaku tidak kuasa untuk memenangkan lomba, karena lebih memilih menghemat tenaga baterai mobilnya.

Keberhasilan Nicolas Prost ini merupakan kemenangan lima pembalap berbeda dari lima seri. Sebelumnya Formula E dimenangkan Lucas di Grassi, Sam Bird, Sebastien Buemi dan Antonio Felix da Costa.

Seri keenam akan berlangsung di Long Beach, Amerika, 6 April. (otosport.otomotifnet.com)

Hasil Lomba, 39 Lap
Pos Driver Team Gap
1. Nicolas Prost e.dams 46m12.349s
2. Scott Speed Andretti 0.433s
3. Daniel Abt Abt 5.518s
4. Jerome D'Ambrosio Dragon 5.941s
5. Nelson Piquet Jr. China 6.426s
6. A. Felix da Costa Aguri 8.754s
7. Loic Duval Dragon 9.498s
8. Sam Bird Virgin 19.817s
9. Lucas di Grassi Abt 20.631s
10. Salvador Duran Aguri 24.587s

Klasemen Sementara
1. Nicolas Prost 67
2. Lucas di Grassi 60
3. Sam Bird 52
4. Nelson Piquet Jr. 49
5. Sebastien Buemi 43
6. A. Felix da Costa 37
7. Jerome D'Ambrosio 34
8. Jaime Alguersuari 26
9. Daniel Abt 19
10. Franck Montagny 18

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa