Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Chang International Circuit Kantongi Sertifikasi F1 dan MotoGP

Dimas Pradopo - Senin, 24 November 2014 | 15:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Buriram - Beberapa event internasional sudah digelar di Buriram International Circuit atau yang dikenal juga dengan nama Chang International Circuit (CIC) setelah perusahaan bir asal Thailand jadi sponsor utama sirkut ini.

Beberapa balap seperti Super GT (salah satu seri balap mobil ketahanan Jepang) dan Asia Road Racing Championship sudah digelar. Bahkan tahun depan akan menggelar World Superbike (WSBK) dan telah siap pula untuk menggelar balap sekelas F1 dan MotoGP.

Sirkuit yang terletak di Provinsi Buriram yang berada 410 km di timur laut Bangkok ini memang didesain khusus agar mampu menggelar balap dunia. Proses pembangunan CIC ditangani oleh desainer asal Jerman, Herman Tilke yang sudah terkenal dengan karyanya desain sirkuitnya di berbagai dunia.

No caption
No credit
No caption

Tak heran jika CIC mendapat sertifikasi FIA Grade 1 yang berarti suatu saat nanti siap menggelar balap F1. Juga mendapat sertifikasi FIM Grade A yang membuat CIC bisa jadi tuan rumah balap motor dunia sekelas MotoGP.

Bahkan juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 Marc Marquez yang berkunjung ke Thailand, Oktober lalu menyatakan senang dan yakin Thailand bisa menggelar balap MotoGP.

Sementara di dalam negeri sendiri juga banyak kegiatan balap seperti Thailand Super Series, Pro Racing Series Thailand Championship, True Vision Bobby Hunter Super One Race, Toyota Motorsport dan banyak lagi.

No caption
No credit
No caption

Seperti yang akan disaksikan OTOMOTIFNET.COM, yaitu balap truk (double cabin) yang masuk dalam rangkaian kejuaraan Pro Racing Series.

CIC juga bisa menyelenggarakan event motorsport lainnya, seperti drag race, gymkhana dan drifting serta motocross. Tahun depan dijadwalkan menggelar 35 event, 4 di antaranya balapan kelas dunia seperti Super GT dan WSBK.

No caption
No credit
No caption
5
Sirkuit ini punya ciri khas sendiri, "Konsep kami seperti sepak bola. Penonton bisa menikmati pertandingan di manapun duduknya," ujar direktur CIC, Tanaisiri Charnvittayarom

Ini unik bagi CIC, karena di sirkuit lain sekali mobil lewat Anda harus melihat monitor TV (layar lebar) untuk mengikuti jalannya lomba sampai mobil lewat lagi. Maksudnya penonton di CIC dapat menyaksikan semua aksi pembalap di semua bagian trek.

Tapi sayang, jika memang ingin menggelar banyak event internasional dan ramai dikunjungi penonton, mestinya dipikirkan juga sarana transportasinya. Sebab dari bandara Suvarnabhumi ke Buriram, ditempuh dalam 6 jam menggunakan mobil. Tidak ada transportasi kereta api.

Bisa pakai pesawat tetapi mendaratnya bukan di Buriram.  Pengunjung bisa capek di jalan, belum lagi kalau ada event besar jalanan bisa macet menuju lokasi sirkuit.

Nama: Chang International Circuit
Tipe: FIA Grade 1, FIM Grade A
Biaya pembangunan: 20 miliar bath
Konstruksi: 2013
Dibuka: 2014
Panjang: 4.554 km
Jumlah tikungan: 12 (kanan 7, kiri 5)
Panjang trek lurus: 1 km
Kecepatan tertinggi: 315 km/jam
Kapasitas penonton: 50.000 tempat duduk


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa