Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sean Gelael Tripel Podium di Spa Francorchamps!

Minggu, 27 Juli 2014 | 14:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Luar biasa kiprah pembalap Indonesia, Sean Gelael pada Formula 3 Inggris di sirkuit Spa Francorchamps. Pembalap tim Jagonya Ayam with Carlin yang membesut Dallara-Volkswagen ini berhasil naik podium pada ketiga race yang dilombakan.

Sejatinya, Sean Gelael berkompetisi pada Formula 3 Eropa, namun untuk menambah jam terbang, Sean dan tim juga menyambangi salah satu seri F3 Inggris. Pembalap berusia 17 tahun itu mencetak waktu tercepat kedua saat kualifikasi. Hasil pun menggembirakan, Sean menduduki podium kedua di race 1 dan 3, lalu podium ketiga di race 2.


Meski start baris terdepan, Sean sempat melorot ke posisi 4 di race 1. Beruntung, safety car keluar dan Sean bisa melakukan manuver bagus dengan menyalip kedua pembalap di depannya. “Saya melakukan start yang jelek!” kata Sean. “Kami mencoba sesuatu yang baru pada kopling, dan mengalami problem saat melakukan putaran sebelum start, jadi saya tidak memiliki rasa yang pas saat start. Tetapi kemudian, saya berhasil menyusul beberapa pebalap di depan saya, dan menjalani balapan dengan sangat baik.”

Race kedua pun Sean start posisi 4 dan sempat melorot ke posisi 6. “Ban Cooper yang digunakan di Formula 3 Inggris sangatlah berbeda dengan Hankook yang biasa saya gunakan,” terang Sean, “Akibatnya saya kembali melakukan start yang buruk. Saya terlalu banyak melakukan wheelspin sampai terlihat seperti American-style burnout! Sayangnya itu membuat ban melepuh dan setelah saya berada di posisi ketiga saya harus berjuang untuk mempertahankan kecepatan mengikuti para pebalap di depan. Semua ini terjadi dalam satu lomba!”

Race ketiga, Sean malah sempat menyalip pole sitter Ed Jones. Sean pun memimpin lomba sampai lap 6, namun akhirnya Jones kembali mengambil posisinya.

“Nyaris!” kata Sean. “Kali ini saya melakukan start dengan baik, melewati tikungan pertama dengan mulus, dan menyusul Ed saat melaju menuju bukit. Ed sangat baik saat melaju di lintasan lurus, sedangkan saya lebih baik di tikungan.Karena Ed sangat cepat di lintasan lurus, maka dia bisa melesat dengan kencang, tetapi saat saya berada di belakangnya, dorongan itu tidaklah terlalu efektif.  Saya sangat berharap untuk menang, tetapi kami memperoleh perkembangan yang luar biasa di sini. Sekaligus menjadikannya sebagai persiapan yang baik untuk menuju ke Red Bull Ring.”

Setelah mengikuti F3 Inggris ini, Sean akan mengikuti seri F3 Eropa di Red Bull Ring, Austria pada 1-3 Agustus mendatang. (otosport.co.id)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa