Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kompetisi Gymkhana Harus Siap Lahan Luas

billy - Kamis, 1 Maret 2012 | 15:43 WIB
No caption
No credit
No caption


Menurut Cici dan Didi Hardianto, gymkhana dan slalom sama saja, hanya berbeda nama di negara penyelenggara. Namun jika berkiblat ke gelaran Amerika atau Jepang, terdapat banyak perbedaan, utamanya soal trek. Lalu, apakah bisa regulasi slalom dibuat seperti gymkhana?

Bukan tidak mungkin membuat slalom seperti gymkhana Amerika. Hanya saja, harus disediakan lahan yang cukup luas. Ini berkaitan dengan soal, penempatan kun serta pengembangan kemampuan mobil.

Jika masih dengan format saat ini, dimana begitu banyak kun dengan lokasi yang tak terlalu besar, mobil-mobil yang memiliki tenaga besar, pakai turbo atau mesin V8 tak bisa mengembangkan kecepatan. Hasilnya justru tak sedap ditonton.

Seperti juga slalom dan drifting, ‘jualan' dalam gymkhana juga terletak pada sisi entertain-nya. Suara knalpot dan mesin yang kencang serta ‘tarian' pantat mobil ketika masuk dan keluar kun menjadi tontonan menarik. Mengakomodir ini, trek dan jarak kun harus lebar-lebar.

Kendala lainnya jika mengembangkan gymkhana dari slalom Indonesia harus dipikirkan kategori juara umum dari semua kelas. Sebab jika ada kategori ini yang menjadi pemenang hampir dipastikan mobil-mobil yang berlaga di kelas bebas. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa