Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merek Mobil Mewah Maserati Sempat Jadi Motor Murah Bro!

Dimas Pradopo - Rabu, 4 Juni 2014 | 18:36 WIB
No caption
No credit
No caption



Italia - Mendengar nama Maserati, yang terpikir di benak kita tentu saja mobil mewah asal Italia. Eits, tapi banyak yang nggak nyangka kalau Maserati juga bikin motor.

Bukan sembarang motor, tapi justru tunggangan murah meriah dan merakyat yang justru imejnya berkebalikan dengan produk mobilnya.

Yup, motor Maserati hadir cukup singkat di tahun 1953 hingga 1959. Saat itu adalah era dimana merek mobil mewah Maserati dimiliki keluarga Adolfo Orsi.

Setelah membeli perusahaan motor Italmoto, keluarga Orsi ingin membangun divisi roda dua dengan merek Maserati. Tapi bukan diambil dari divisi mobil mewahnya, melainkan pengembangan dari pabrik busi Fabbrica Candele Accumulatori Maserati S.p.A

Semua proses produksi dilakukan di bekas pabrik di Bologna. Karena berbeda divisi, kecuali kesamaan nama tak ada sedikit pun sentuhan teknologi canggih dan mewah pada divisi mobil.

Malahan teknologi Italmoto yang sederhana yang diusung. Model yang diproduksi terbilang merakyat, yakni moped 50cc Tourismo Donna dan motor sport 50cc Tipo 50 Sport. Sementara model tertinggi dipegang Tipo 250 Gran Turismo Lusso yang bermesin 250cc.

Kehancuran motor Maserati terjadi di tahun 1959 dimana utang perusahaan menumpuk ditambah persaingan dunia otomotif Italia semakin sengit. Divisi motor Maserati ditutup, sementara mobilnya masih bertahan hingga dibeli oleh produsen mobil Perancis, Citroen di tahun 1968. (motor.otomotifnet.com) 

 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa