Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inspirasi Modifikasi, Empat Jenis Ergonomi

billy - Sabtu, 3 Maret 2012 | 09:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Proses gambar sampai menjadi sebuah desain motor yang utuh

Nono Sumarno atau akrab dipanggil Mang No, bagi-bagi ilmu. Untuk itu, dia ngasih bocoran dasar setiap desain kuda besinya. Menurutnya ada empat ergonomi yang jadi ukuran sebuah motor sempurna.

“Ini teori saya sendiri. Mungkin bisa jadi berbeda dengan para ahli lainnya. Kan enggak dilarang untuk berbeda teori. He..he..he..,” ujar Mang No yang sekarang lebih banyak tinggal di Ciamis, Jawa Barat.

No caption
No credit
No caption

 Prince. Skubek listrik masa depan untuk Indonesia

Mang No berdasar pengalaman otodidak. Pengalaman menemukan teori ergonomi ala Mang No. Dia sempat bergabung di Federal Motor (sekarang PT Astra Honda Motor, red). Di Federal Motor dia termasuk tim perancang motor nasional Ekspresa tahun 1997. Sejak tahun 2000, dia tercatat sebagai R&D PT Kanzen Motor Indonesia.

“Empat ergonomi menyangkut ergonomi mata, rasa, telinga dan dampak lingkungan. Keempatnya harus jadi satu kesatuan,” urai Mang No yang berumur 47 tahun itu.

Keempat jenis ergonomi itu menurut Mang No akan menghasilkan motor sempurna. Kalau disimpulkan, secara desain bodi motor harus harmonis, nyaman dan aman untuk dipakai, suara mesin dan knalpot mencirikan motor dan terakhir tidak mengganggu pengendara lain atau lingkungan.

No caption
No credit
No caption

 Skubek sport, insirasi modifikasi

Artinya, desain sebuah kuda besi bukan cuma nyaman dan aman untuk pengendaranya. “Tapi, juga jangan bikin repot orang lain. Misalnya, arah knalpot agak tegak bikin asap bisa langsung mengarah ke belakang pengendara lain. Posisi lampu depan jangan sampai bikin silau mata biker dari arah berlawanan,” urai Mang No.

Dari empat kategori ergonomi itulah bisa dilihat lewat goresan Mang No. Ada empat motor desain Mang No untuk edisi sekarang. Empat motor yang dikasih memang tegas garis desainnya dan konsisten.


 Jenis penjelajah

Paling menarik electric scooter yang diberi nama Prince. Ini obsesi Mang No untuk masa depan skubek yang ada di Indonesia. Bukan cuma rancangan bodinya, komponen-komponen utama, seperti ECU, aki dan dinamo, di Prince sudah disiapkan tempatnya di motor.

Selain Prince, Mang No juga bikin sketsa kuda besi listrik yang bentuknya sangat futuristik. Ada 6 gambar yang menunjukan proses pembuatan desain. Gambar pertama sampai kelima tahapan bagaimana awal dan akhirnya menjadi sebuah kuda besi masa depan.

Dua desain motor yang lain lebih mendekati motor massal. Skubek yang mengarah ke tipe skubek sport. Tipe sport kental dengan nuansa adventure. Kalau dilihat sih sangat aplikatif alias bisa diterapkan langsung ke motor sobat.

Silakan dicopy deh! (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa