Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Mio, Kaki X-treem Kena Tembak?

billy - Rabu, 13 April 2011 | 08:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Saat datang di arena Yamaha Cuzztomatic 3 region 2 Jogja, Mio ini langsung mencuri perhatian. Meski bodi simpel tapi sudah nyaris telanjang. Kaki depan juga unik. Sok depan sebelah! Tentu bukan kena tembak!

Membuat tampilan seperti itu tentu tidak gampang. Perlu riset dan hitungan pas sebelum diterapkan. Semata karena motor ini masih tetap dipakai harian. "Dipakai anak saya ke sekolah lho," buka Subagyo dari B Custom, pemilik sekaligus modifikatornya.

Langkah pertama untuk membuatnya dengan memilih material besi yang pas sebagai pegangan dan dudukan sok tunggal tadi. "Menggunakan pipa dengan tebal 5 mm dan lebar 5 cm untuk suspensi depan ini," ceritanya tentang desain yang terinspirasi Italjet Dragster ini.

Desainnya murni mengikuti skuter Italia tadi. "Tapi, agar tampak rapi, pelat besi tadi dibungkus pelat baru lagi dan didempul serta dicat rapi," lanjut pemilik bengkel dari Jl. Pulau Bungin No. 10, Denpasar ini.

Biar gampang, pelek tetap menggunakan asli Mio. Tapi, tentu untuk urusan as roda harus dibuat ulang. "Dibuat di tukang bubut yang ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan aslinya supaya kuat," ungkap ayah dua anak ini.

Sementara itu untuk sok belakangjuga ada perubahan. "Kalau sumbu roda masih standar kok, enggak tergoda mundurin karena konsepnya racing look. Jika pakai undur-undur kayaknya sudah enggak pas dengan konsep tadi," kata modifikator asal Jawa Timur yang belum lama pindah ke Bali ini.

Posisi sok yang tetap tunggal ini sekarang tidak lagi di pinggir sebagaimana layaknya Mio. Tapi, sudah pindah ke tengah. "Menggunakan sok bekas Suzuki RG-R, kebetulan itu yang pas ukurannya," tambah Bagyo.

Untuk pegangan bawah sok dibuat dari pipa diameter 1 inci yang kemudian dibautkan ke cover CVT. Pegangan baru itu juga berfungsi sebagai tempat melekatnya sepatbor belakang. "Dengan begitu, motor tetap terlihat rapi sekaligus simpel. Karena memang tidak terlalu banyak braket atau pegangan," tunjuk Bagyo.


Bodi Minimalis
Untuk urusan bodi, Bagyo enggak mau yang macam-macam. "Tampilan depan cukup andalkan punya Mio Soul yang dicustom ulang," ungkap bapak yang sempat hadir beberapa kali di Kemon, riungan akbar komunitas motor yang masih tetap ditunggu-tunggu.

Bagyo sepertinya naksir berat bentuk lampu depan Soul yang memang menarik. Banyak modifikator sudah mengaplikasi lampu itu di berbagai motor.

Sementara bodi belakang dibuatkan desain baru yang berkesan racing. "Bentuknya dirancang sendiri menggunakan pelat galvanis sebagai bahan," tambah pria 41 tahun ini. Supaya nungging, rangka belakang dirombak.

"Masih aslinya, tapi sedikit dicoak terus ditekuk ke atas," sebut modifkator ramah ini penuh percaya diri. Dengan bentuk seperti itu, Bagyo sukses jadi juara 1 untuk kelas automatic racing look di Cuzztomatic 3, Jogja. (motorplus-online.com) 

Data Modifikasi
Ban depan : Deli Tire 100/70-14
Ban belakang : Deli 120/70-14
Sok depan : YSS Custom
Knalpot : Custom
Setang : Custom
B Custom : 0813-5327-8694

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa