Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gejala Kerusakan Pada Komstir, Cek Bola-Bola Lahernya

billy - Rabu, 21 September 2011 | 10:36 WIB
No caption
No credit
No caption


Salah satu syarat kenyamanan berkendara, terletak pada kesiapan komponen di komstir. Bila sedang bermasalah, handling kurang maksimal dan terasa liar saat ditunggangi.

Komstir masalah memang agak susah dilihat lantaran posisinya sembunyi di balik selongsong as komstir. Terutama jika ingin lihat kondisi bola-bola lahernya. Sehingga kita cuma bisa merasakan jika bermasalah.

Gejala umum yang biasa dirasakan setang jadi berat saat diajak berbelok. Bahkan meskipun mur komstir sudah dikendurkan, kemudi tetap gak enak bahkan cenderung liar diajak ngebut. Selain itu, timbul bunyi gledek-gledek kayak setang oblak saat ngerem depan.

Penyebab masalah ini biasanya penggunaan motor terlalu kasar saat lewat jalan rusak. Tambah lagi jika minim perawatan pada bagian itu. Sehingga dudukan bola-bola atau pelor jadi mudah aus.

Saat bola-bola dan mangkuk komstir kering, setang jadi berat karena pelor aus. Efeknya, putaran mur pengikat komstir makin kencang sendiri seiring gerak setang. Untuk mengatasinya ganti satu set laher komstir baru.

Tapi, kalau mangkuk laher masih bagus, cukup ganti bola-bolanya saja. Di pasaran, harga komstir (atas-bawah) dibanderol Rp 80-100 ribuan/set.

Beli yang asli ya. Soale kalau yang imitasi kadang susah dikencangkan. Efeknya ya jadi kendur melulu dan terpaksa harus beli lagi yang asli. Bongkar dan pasang lagi! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa