Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dua Versi Puli Rumah Roller Yamaha Fino, 5DO dan 5VV

billy - Jumat, 9 September 2011 | 15:29 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Beda kemiringan sudut rumah roller
Yamaha Fino memang cuma meluncur dan beredar di Thailand. Tapi, di Indonesia lumayan beken. Karena komponen CVT Fino banyak dipakai di Mio lokal.

Namun orang tahunya kebanyakan Fino versi baru. Kode partnya yaitu 5VV. “Padahal ada dua versi. Yaitu 5DO dan 5VV,” jelas Laksmi, pelayan MC Racing yang hafal kode part motor Thailand.

Menurut Laksmi, yang lama yaitu 5DO. Adanya di Fino lama. Kode 5DO cirinya kemiringan puli 14,5 derajat. Ukuran roller gede-gede hampir sebesar punya Honda Vario. Standar pabrik dengan berat roller yang mencapai 14 gram.

 
Roller membedakan 5DO dan 5VV
Ini bisa dipakai sebagai big puli. Direkomendasi untuk mesin Mio FFA. “Kapasitas silindernya yaitu di atas 300cc,” jelas Laksmi dari tokonya di Jl. Kebon Jeruk IX No. 20C, Kota, Jakarta Barat.

Trus muncul Fino generasi kedua. “Part kode pulinya dimulai dengan kode 5VV. Ini bukan 5W ya, tapi 5 V V,” jelas Laksmi yang berambut panjang itu.

Kode 5VV ini punya ciri pada sudut kemiringan. Ukuran puli juga lebih kecil dibanding versi yang lama. Kemiringan 5VV yaitu hanya 14 derajat.

Sedangkan roller sudah seperti Mio. Yaitu lebih kecil. Standar pabrik yaitu hanya 10 gram. Juga bisa subtitusi atau bisa saling tukar dengan Mio.

Satu lagi nih ada kode 5LW. Kalau yang ini milik dari Mio lokal. Namun masih banyak juga yang masih salah paham. Dikira buatan Thailand, padahal 5LW sama juga dengan Nouvo.

“Pada puli rumah roller terdapat kode 5LW. Begitu juga pada besi pelat penutup rumah roller. Di sana terdapat kode bertulsikan 5LW,” jelas Laksmi.

Ciri lainnya ada pada kemiringan rumah roller. Silakan cermati bentuk sudut yang membentuk sudut 13,5 derajat. Kemiringan itu dirasa cocok dipadukan dengan v-belt lokal yang memiliki kode 5TL.

Lainnya juga memiliki roller 10 gram dengan ukuran yang lebih kecil-kecil. Juga bisa tukaran dengan Fino yang punya kode 5VV.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa