Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Kaprah Atur Setelan Handel Rem-Kopling

billy - Rabu, 20 Juli 2011 | 09:46 WIB
No caption
No credit
No caption


Pasti tahu mur berikut baut penyetel kabel di rumah handel kopling atau di tuas rem teromol buat motor yang gak pakai rem cakram. Bentuknya memang kelihatan sepele, tapi punya fungsi cukup vital buat kontrol gerak tuas.

Buat orang awam keseringan setel kabel lewat peranti ini justru malah jadi banyak salah kaprah. Lantaran setelan diatur pada posisi paling dalam atau lebih keluar dan bukan di tengah-tengah.

Sehingga risiko peranti ini nanti sulit disetel setelah kawat terpasang, jauh lebih besar kemungkinannya. Padahal cara yang ideal untuk pemasangan alat penyetel ini, mur dan slongsong baiknya diikat di posisi tengah.

"Jadi, kalau nanti hasil pemasangan kawat dirasa terlalu kendur atau kekerasan, mur-baut tadi tinggal diputar untuk menyesuaikan selera atau kebiasaan sebelumnya,” jelas Sunarko, mekanik rumahan dari Jl. Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Oke ya!   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa