Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Busi Panjang Lebih Tahan Panas

billy - Jumat, 10 Juni 2011 | 09:43 WIB
Busi Panjang Lebih Tahan Panas
Busi Panjang Lebih Tahan Panas

Busi tipe karburator (kiri) punya ujung yang lebih panjang dibanding tipe injeksi (kanan)
Salim/Otomotifnet
Busi tipe karburator (kiri) punya ujung yang lebih panjang dibanding tipe injeksi (kanan)

 Panjang biasa buat di motor sport
Di pasaran, ada beredar dua macam busi jika dilihat dari ukuran. Ada busi yang panjang dan ada juga yang lebih pendek. Seperti busi bebek Karisma atau Supra X 125 lebih panjang dibanding busi Supra lama atau Grand.

Padahal diameter ulir sama besar antara Karisma dan Grand. Kenapa begitu dan apakah bisa saling tukar? Misalnya pasang busi Karisma di Grand. Biar tidak nongol di ruang bakar diganjal ring.

"Busi Karisma dan Supra X 125 lebih panjang karena ada perubahan desain pada kepala silinder," mantap Sarwono Edi, selaku Technical Training Manager dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Mekanik kadang substitusi antara busi panjang dan pendek. "Tergantung head buatan pabrik. Motor sport biasanya busi panjang, bebek yang pendek," kata Andy Mulki, mekanik balap yang sekarang ngebengkel di Cahaya Logam, Ciledug.

"Busi panjang lebih tahan panas, sehingga banyak yang coba meski aslinya tidak pakai busi panjang," lanjut pria yang  rambutnya mulai memutih ini.   

Busi panjang juga diaplikasi bebek Yamaha Jupiter MX 135LC. Selain itu, juga Suzuki Satria F-150. Banyak dipakai untuk balap karena derat panjang lebih tahan tekanan kompresi. Juga lebih kuat mengikat di kepala silinder.   

Editor : billy
Sumber : motorplus-online.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa