Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dua Cara Menghitung Panjang Rantai, Enggak Perlu Diukur!

billy - Jumat, 13 Mei 2011 | 09:20 WIB
No caption
No credit
No caption


 Tiga Angka Terakhir
Mengetahui ukuran pan­jang rantai enggak per­lu susah mengukur. Pula enggak perlu pakai meteran karena cara ini bisa jadi malah salah. Runyam, deh!

Panjang rantai tinggal lihat tiga angka setelah tanda (-) yang ada di rantai. Misal, 428-100. Angka 100 menunjukan ukuran panjang rantai.

Menghitung panjang rantai bisa dari jumlah mata rantai. Yang disebut mata rantai adalah lubang masuknya gigi sproket dan belakang. Jangan lupa panjang rantai juga dihitung dari jumlah pin yang tipe rantainya memiliki klip sambungan. 

“Cara yang kedua adalah panjang rantai bisa dihitung dari pin. Dua pin berarti dihitung satu mata,” ujar Hariyadi dari Quality Assurance PT FSCM.

Ada yang menarik! Panjangnya rantai di salah satu motor bisa saling tukar dengan merek dan tipe motor berbeda. Mau bukti? Silakan ambil contoh rantai yang berkode 428-100. Kode rantai ini dipakai untuk Suzuki Bravo, Yamaha F1Z-R dan Yamaha Jupiter. Artinya, ketiga motor ini bisa saling tukar rantai.

Malah, rantai Suzuki New Shogun 125 generasi awal dengan kode 428SB-100 dijamin bisa pasang ke Suzuki Bravo, Yamaha F1Z-R dan Jupiter. Bahkan, adanya kode SB yang berarti bushing tipe atau Solid Bushing. Kategori bushing yang lebih tinggi dibanding rantai tanpa SB.

Tapi, hampir semua rantai yang memiliki kode tiga angka pertamanya sama belum tentu panjang rantainya juga sama. Ambil contoh, 428-112, 428-100 atau 428-104 yang punya tiga angka di depan sama, tapi memiliki ukuran panjang yang berbeda.

Sederhananya bisa dilihat kalau beli rantai, patokan dasarnya adalah kode panjang rantai. Setelah melihat panjang rantai, selanjutnya silakan cek tiga angka di depannya.

"Pabrikan sendiri punya hitungan sangat rumit antara ukuran sproket depan-belakang dan panjang rantai. Seandainya jumlah panjang rantai akan berbanding lurus dengan jumlah mata sproket depan-belakang," ungkap Hariyadi yang tinggal di kawasan Plumpang, Jakarta Utara.

Jadi, panjang rantai modal dasar untuk mengetahui spek rantai motor yang dipakai. Enggak perlu bingung juga untuk bisa menghafal di luar kepala. Karena yang paling penting adalah mengetahui ukuran panjang rantai.

Gitu! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa