Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Modif Yamaha Nouvo Lele, Dari Standar Sampe Racing Look

billy - Rabu, 23 Maret 2011 | 11:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Yuk berdandan biar tampil lebih cantik!
Banyak yang menyebut Yamaha Nouvo model ini Nouvo Lele. Mungkin, karena tampilan head lamp yang melebar seperti mulut ikan lele. Gak senyum aja lebar tuh! Tapi, tidak sepeti pecel lele yang mudah ditemukan di tempat jajan kaki lima. Justru, ‘lele’ yang satu ini sulit dicari!

 Efeknya, harga jual skubek Yamaha yang pertama kali dilaunching 2002 ini lumayan tinggi. “Pertama kali dijual, malah terkesan enggak laku. Sekarang malah banyak yang cari,” ujar Stephan Andries yang punya Nouvo 2002.

Kalau pun ada yang jual, biasanya tergantung kondisi. Bisa sentuh Rp 4 juta lebih apalagi Nouvo Sporty! “Maka itu, begitu dapat motornya, biasa kita pilih untuk balikan ke kondisi orisinal aja. Karena lebih bagus orisinal,” saran Carlos P.

Meski main tampilan balik standar, ada juga yang enggak mau pakai striping. Lebih pilih bodi dibuat polos satu warna. “Apalagi kasih warnanya hitam. Bikin sangar tampilan,” timpal Andre yang ramah.

No caption
No credit
No caption

 (Kiri-kanan). Sandy, Fahrul, Fanny, Carlos dan Andre. Suka ‘Lele’ (kiri). Tabung sok depan ikut dikrom(kanan).
Kalau balik kondisi ori, itu selera. Sebab yang dilakukan Sandy Akbar dan Fahrul justru beda. Mereka pilih dandan ala custom. “Tampangnya terlalu elegan kalau balik orisinal. Gue mau terapin sedikit racing look,” bilang Fahrul yang Lele-nya dikelir hijau metalik.

Sedang bagi Sandy, dia coba mainkan warna lebih ngejreng. “Sudah banyak yang main orisinal. Mau tampil beda,” buka pemilik Nouvo yang juga pembalap.

Begitunya ada sedikit kesamaan dari mereka. Terutama urusan roda. Karena sering dipakai turing juga, maka mereka mengaplikasi pelek 17 inci model jari-jari. “Soalnya kalau dipakai turing keluar kota, suka sulit cari ban dalam ukuran 16 inci,” sahut Fanny, sapaan karib Stephan.

Lalu untuk pelek, tentu harga beragam. Tergantung merek. Mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 1 jutaan juga ada. “Tapi, untuk Nouvo Sporty, teromol harus beli lagi. Bagian depan Rp 96 ribu, buat belakang Rp 186 ribu,” ulas Andre.

Mancing yuk!

No caption
No credit
No caption

 Versi ori dengan sedikit ubahan (kiri). Stiker agak sulit didapat!(kanan).
Back Originale

Jangan khawatir kalau dapat kondisi motor kurang memuaskan dalam urusan tampilan. Sebab, bodi part milik Nouvo Lele tergolong ramah. “Lengkap di luar lampu dan karpet hanya Rp 775 ribuan,” jelas Carlos yang juga bilang kalau harga bodi Nouvo Z bisa dua kali lipat.

Buat sobat yang ingin pakai stiker, memang agak sulit mencari. Tapi, Fanny punya stok tuh. Harga jualnya sekitar Rp 135 ribu. Malah Fanny juga punya sedikit pengalaman menarik ketika berburu bodi Lele. “Gue dapet info dari temen kalau di Parung, Bogor ada yang mau jual. Bodi standar keluaran 2002 simpanan almarhum bapaknya. Harganya cuma Rp 200 ribu,” ungkapnya.


 Yang ingin tampil beda!(kiri). Arm Nouvo Z 2007, punya lubang untuk AIS(kanan).
Custom Racing Look

Mengambil basis Nouvo Lele sebagai dasar pacuan, tetap aja tangan gatel Fahrul ikut bermain. Terlihat lewat reflektor lampu depan. Dia ogah sayang terhadap reflektor standar Lele yang dijual Rp 638 ribuan itu. “Aslinya, diganti pakai reflektor dalam Mio Soul. Mikanya tetap Nouvo,” ungkap pria yang juga bore up mesin pakai piston Honda CBR150.

Sedang Sandy, juga bermain poles dan krom. Sok depan, arm, behel belakang dan beberapa part lainnya dilapisi nikel. Biaya yang dihabiskan sekitar Rp 850 ribu. Untuk poles sepasang teromol, Rp 70 ribuan. “Sementara buat  arm pakai Nouvo Z. Cuma Rp 190 ribuan biar lebih kekar,” sebutnya.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa