Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Baut Mesin Motor-Motor Baru, Beda Bentuk Kepalanya

billy - Senin, 3 Desember 2012 | 12:36 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Di bagian mesin juga banyak baut dan sektup ternyata juga ada, seperti terlihat pada pengikat head, silinder blok, bak mesin hingga di dalamnya. Semua menggunakan tool kit berbeda untuk membuka sekaligus mengendurkannya.

Paling sering dijumpai baut-baut pengikat di bak mesin. Sebab selain paling banyak jumlahnya, lewat baut-baut ini biasanya bagian dalam mesin bisa dibuka dan dapat dilihat dengan jelas.

Namun baut-baut pengikat bak mesin motor lama dan sekarang sudah beda bentuknya. Untuk mesin keluaran lama, model kepala bautnya seperti sekrup tapi berbadan ulir biasa. Untuk membukanya pakai obeng ketok.

No caption
No credit
No caption

Sedangkan di mesin rakitan sekarang sudah pakai kepala baut segi enam ukuran 8. Untuk membukanya pakai kunci T 8 atau pakai kunci impact. Mungkin karena bengkel resmi dan umum sudah banyak yang pakai kunci impact buat ngebukanya. Apalagi kunci impact gampang dipakai dan tidak bikin kepala baut cepat rusak dan momen kekencangan sudah terukur. Sehingga tingkat kerusakan dapat diminimalisasi,” ujar Hasyim Sonedi, tunner Suzuki Cargloss AHRS IRC.

Berbeda sekali dengan baut model kepala sekrup yang dulu banyak dipakai di mesin racikan lama. Membuka baut jenis ini pakai obeng ketok yang dibantu pukulan martil agar dapat menekan sekaligus memutar baut. Tapi, resiko baut cepat rusak bisa terjadi.


Cuma biar mesin racikan sekarang dominan pakai baut biasa, beberapa komponen di dalamnya tetap masih ada yang pakai kepala sekrup. Seperti baut pegangan kabel rpm yang biasanya ada head atau tutup pompa oli di dalam bak mesin yang bentuknya menyesuaikan desain dan konstruksi mesin.

Selain baut model kepala sekrup atau biasa, di bagian mesin juga dapat dijumpai baut yang tidak ada kepala. Biasanya baut macam ini oleh mekanik dibilang dengan nama baut tanam. Disebut baut tanam karena ujungnya sama-sama berulir kecuali di bagian tengahnya. Kedua ujung ulir sama-sama bisa dipakai buat pengikat komponen.

“Contoh baut tanam bisa dilihat pada baut pengikat antara blok silinder dan head. Biasanya baut ini tertanam di crankcase dan ujung satunya diikat mur di bagian atasnya (head). Ada juga baut tanam yang bisa dilihat pada baut pengikat knalpot di lubang exhaust atau baut tanam pegangan karburator,” tunjuk Hasyim yang mangkal di Jl. Tole Iskandar No. 162, Depok

Hasyim juga bilang, baut tanam ada juga ukuran besar seperti baut-baut engine mounting. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa