Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Versi ABS Terbaru dari Bosch

billy - Senin, 18 Juli 2011 | 10:45 WIB
No caption
No credit
No caption


Sebelumnya perangkat Antilock Brake System (ABS) hanya diperuntukan buat kendaraan roda empat. Tapi, saat ini ABS sudah diadopsi pada sepeda motor khususnya motor-motor berkapasitas mesin besar. Selain itu harganya juga masih mahal.

Untungnya perusahaan yang berkonsentrasi pada pengembangan teknologi otomotif, Bosch sudah memikirkan perangkat ABS dengan ukuran lebih kompak serta dengan harga sesuai untuk motor enty level hingga super sport.

Seperti dilaporkan Autoevolution, perangkat ABS Bosch generasi 9 khusus sepeda motor ini akan tersedia dalam tiga pilihan ABS 9 Base, ABS 9 Plus dan ABS 9 Enhanced. Ketiganya tersedia untuk sepeda motor yang telah mengadopsi rem hidrolis atau disk brake.

Yang pertama adalah ABS 9 Base hanya memiliki fitur antilock. Rem tidak mudah mengunci saat melakukan pengereman maupun saat melintasi perubahan tekstur jalanan. Misalnya saat ada pasir atau minyak di jalan.

Naik satu step, Bosch yang juga suplayer untuk berbagai pabrikan mobil dan motor di dunia juga punya ABS 9 Plus. Sama seperti ABS 9 Base, tapi perangkat ini disiapkan untuk mesin yang lebih bertenaga seperti yang digunakan untuk moge. ABS ini punya pressure sensor yang bekerja saat melakukan pengereman dengan sangat keras, sehingga gejalan roda belakang terangkat bisa dikurangi.

Dan yang paling canggih adalah ABS 9 Enhanced. Yang ini punya fitur eCBS (electronic combined brake system), rasanya mirip yang digunakan Honda CBR 250R. Sekali melakukan pengereman dengan satu tuas, maka rem depan-belakang sudah dengan sendirinya mengurangi kecepatan tanpa terkunci.

Wah, kalau memang harganya bisa lebih murah bisa jadi semua motor dimasa yang akan datang akan dilengkapi dengan fitur ini! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa