Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

SunRed Solar-Powered Motorcycle, Skuter Armadillo

billy - Sabtu, 27 April 2013 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Oriol Guimera and Joan Cinca merancang konsep motor ramah lingkungan bertenaga surya, dengan desain unik. Mantapnya, konsep motor ini merebut title Best Innovative Technology Award di Barcelona, Spanyol.

Biasanya, motor ramah lingkungan aplikasi perangkat baterai atau listrik sebagai sumber tenaga. Tapi, SunRed Solar-Powered Motorcycle memanfaatkan serapan sinar matahari sebagai sumber energi.


Untuk desain body terinspirasi dari cangkang armadillo. Itu, salah satu hewan asli Amerika yang memiliki kulit luar yang keras. Lanjut! Di seluruh bodi motor ini diberi panel solar cell dengan sistem tutup-buka.

Fungsinya dari solar cell ini menyerap energi panas, lalu dikonversi menjadi energi dorong. Bila dikendarai, panel penutup bisa terbuka.


Gimana cara penyerapan cahayanya? Panel ini memiliki permukaan fotovoltaik berukuran 3,1 cm yang akan menyerap energi matahari langsung secara maksimal saat atap panelnya ditutup. Motor tipe matic ini bisa menempuh jarak 20,93 kilometer dengan top speed 50 km/jam.

Di bagian dasbor tersedia LCD yang berfungsi memberikan info soal konsumsi energi, jangkauan, beban, kecepatan, spidometer. Pokoknya komplit. Roda, aplikasi diameter kecil seperti matic biasa.

Meski dalam tahap pengembangan, motor ini sudah jadi patokan terobosan motor ramah lingkungan selanjutnya. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa