Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jajal Electric Vehicle Taiwan

Dimas Pradopo - Sabtu, 14 April 2012 | 07:20 WIB
No caption
No credit
No caption


Di arena Taiwan International Motorcycle Show (TIMS) ke-7, pengunjung yang datang diberi kesempatan untuk melakukan test ride motor listrik alias electric vehicle. Arena seluas sekitar 1.000 meter persegi ini didesain berbentuk track dengan kun dan jumpingan. MOTOR Plus mendapatkan kesempatan untuk menjajal motor tanpa suara ini. 

“Dalam gelaran ini, Anda bisa test drive motor listrik. Silakan rasakan bagaimana rasanya mengendarai motor dengan zero emisi ini,” ungkap Y.C. Chao President TAITRA, penyelenggara gelaran TIMS ini.
   
Segera setelah itu, MOTOR Plus menuju ke booth untuk jajal skuter listrik, Kentfa City Cruiser. Prosedurnya juga gampang, tinggal isi form. Stanley, petugas jaga sempat menanyakan SIM MOTOR Plus. “Ini untuk memastikan Anda bisa membawa motor,” sebut Stanley . Oooo
   
Petugas juga memberikan pemahaman teknis mengenai EV ini.  Putar kontak, langsung jalan. Indikator spidometer ini berisi petunjuk mengenai kecepatan dan  kapasitas batere.

Memang agak kagok ketika pertama kali mengendarai motor listrik. Pengendara yang terbiasa menggunakan motor konvensional,  pasti beranggapan motor listrik dalam keadaan mati. Sebab, suara tidak terdengar.

Padahal, kondisinya sudah ‘on’ dan siap untuk dikendarai. Saat melintir gas juga agak beda, setelah sekitar seperempat putaran, motor motor  bergerak.
   
Untuk speed karena lokasinya tidak memungkinkan di indikator hanya terlihat 30 km/jam. Padahal data yang diberikan menunjukkan e-skuter ini mampu melaju sampai 50 km/jam.

Di ajang TIMS ini ada banyak pabrikan motor listrik yang ikutserta. Umumnya kendala dari EV ini adalah soal proses charging. Untuk berkendara sejauh 60 km ini pengendara mesti mencharge kendaraannya selama 3-6 jam. Bandingkan dengan kendaraan konvensional yang hanya paling lama 5 menit tangki sudah full bbm. (motorplus-online.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa