Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mini, Ganti Intake & Exhaust Naik 10 dk

billy - Senin, 1 Oktober 2012 | 09:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mobil legenda yang terlahir kembali kini digemari lagi oleh kalangan muda mapan. Salah satunya Mini Cooper yang generasi barunya akrab disebut MINI oleh para penggemarnya yang tergabung dalam MINI Club Indonesia (MCI). Di komunitas yang anggotanya sudah mencapai 100 pemilik MINI berbagai tipe ini mencoba berbagi tips.

Yang paling banyak ditempuh sebagian anggotanya yakni meningkatkan performa mesin. "Kalau untuk tingkatin performance ada beberapa tahapan, dari stage 1 sampai stage 3++ dengan budget tak terbatas," jelas Risa Firnandi, salah satu founder MCI. Menurut Risa, yang paling mudah dilakukan yakni mengganti intake manifold dan exhaust system.

"Banyak yang melakukan ini karena yang paling hemat," ujar pembesut MINI 2003 ini. Untuk intake, pilihan yang banyak dipakai berlabel K&N dan Gruppe M. Menurutnya, penggantian yang dilakukan ada yang full set dan ada yang hanya replacement (Gbr.1).

Sementara exhaust, bisa adopsi produk Miltec dan John Cooper Work yang kerap dijadikan pilihan favorit (Gbr.2). "Intake pake replacement K&N trus exhaust pakai Miltec juga cukup," saran Risa. Dengan kombinasi seperti ini, selain biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis, keluaran tenaganya diklaim bertambah minimal 10 dk.


Sebagai info, tenaga MINI standar di kisaran 180 dk. "Yang custom juga ada," sahutnya. Menurutnya bergantung pilihan masing-masing individu. Pemakaian peranti yang sifatnya bolt-on alias langsung pasang tentunya lebih baik ketimbang custom. Selain lebih hemat jika hitungan teknikalnya pas bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

"Tapi kalau custom musti yang benar, kalau enggak pasti indikator engine check akan nyala," sebutnya menjelaskan salah satu resiko modifikasi sistem pembuangan untuk MINI jika pembuatannya tidak presisi.

"Setelah itu harus di chip-up biar bisa maksimal," ujar Risa menyebut penggantian chip atau pakai piggyback (Gbr.3). Hasilnya dengan kombinasi ini putaran bawah seperti akselerasi dirasakan lebih maksimal dibanding standarnya.

Informasi dari Risa, salah satu anggota MCI yang mengaplikasikan kombinasi seperti ini keluaran tenaganya bisa mencapai 240 dk on wheel. Tentunya berdasar pemilihan komponen yang tepat.

Pemilik MINI, berani mencoba?  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa