Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setting Wiper Avanza Xenia Ala JDM

billy - Selasa, 18 September 2012 | 16:03 WIB
Setting Wiper Avanza Xenia Ala JDM
Anto
Setting Wiper Avanza Xenia Ala JDM

Setting Wiper Avanza Xenia Ala JDM
Anto
Setting Wiper Avanza Xenia Ala JDM

Berawal dari keinginan tampil beda sebagian anggota komunitas Maxi (Modifikasi Avanza Xenia Indonesia), akhirnya muncul beberapa kreasi kreatif dari berbagai aspek mobil kesayangan agar semakin maksimal.

Salah satu yang menjadi ubahan favorit para anggotanya adalah membuat tampilan wiper belakang seperti mobil-mobil versi pasar Jepang alias JDM.


"Biar kayak Yaris atau Jazz versi JDM," jelas Ghulam Hussen, ketua umum Maxi. Caranya cukup sederhana, dengan membalik mekanisme arah bekerjanya sapuan batang wiper. Kalau standarnya posisi batang wiper sejajar dengan garis bawah kaca belakang, setelah mengalami setting versi JDM ala Maxi posisinya jadi tegak.

Boleh dibilang tanpa biaya, modalnya hanya semangat, kesabaran dan keuletan. Langkah pertama buka dahulu panel interior pada pintu bagasi. Lalu copot batang wiper pada kaca belakang menggunakan kunci baut ukuran 10. Dengan kunci yang sama buka dudukan motor wiper, ada tiga baut yang musti dilepaskan (Gbr.1).

Setting Wiper Avanza Xenia Ala JDM
Anto
Setting Wiper Avanza Xenia Ala JDM
Lepaskan rumah motor wiper dari dudukannya, jangan lupa lepaskan juga soketnya dengan perlahan. Setelah motor terlepas dari dudukan, buka rumah motornya.

Caranya, lepaskan empat murnya pakai obeng kembang (Gbr.2). Nah, setelah rumah motor wiper terbuka, pindahkan tuas penarik mekanisme wiper dari posisi semula ke posisi yang berlawanan (Gbr.3).

Setelah itu, pasang kembali rumah motor wiper dan kembalikan ke dudukannya semula. Ada baiknya lakukan tes uji coba dahulu sebelum semua komponen dipasang seperti sediakala.

Jika arah mekanisme gerak batang wiper dimulai dari posisi tegak ke posisi tidur atau kebalikan dari arah mekanisme gerak standar, berarti langkah yang dilakukan sudah sukses.

Selamat mencoba!  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa