Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wiper Aftermarket, Banyak Pilihan Harga Mengiurkan

billy - Selasa, 24 Juli 2012 | 11:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Peribahasa ‘sedia payung sebelum hujan', mengingatkan para pemilik kendaraan untuk mengantisipasi masalah sebelum masalah itu terjadi. Terlebih jika ingin menjalani perjalanan jauh saat liburan Lebaran. Salah satunya mengecek kondisi wiper.

Jika area sapuan karetnya rata berarti masih bagus. Seumpama masih meninggalkan air atau jalannya tersendat, diganti saja. Pasalnya, selain hujan di tengah perjalanan, serangga atau kotoran juga dapat menghalangi pandangan.

Jangan ada alasan tidak sempat ganti karena susah cari produk orisinalnya (OEM). Bisa pakai produk aftermarket yang sudah banyak dijumpai di pusat aksesori dan onderdil mobil.

Seperti terpantau di Pusat Onderdil BSD Auto Parts, BSD, Serpong, Tangerang. Ada merek Bosch, Hella, Iron-King, Orix, TypeR, Flat Moon, Ktech, Dadone dan sebagainya. Kebanyakan buatan China atau Taiwan.

Rata-rata menyebut produknya soft rubber, karena bisa dibentuk. Ada kemasan refill (tanpa frame) atau wiper blade (pakai tungkai). Sebelum membayar, sebaiknya tanya ke penjualnya, merek atau model apa yang banyak dipakai.


"Saya jual merek Iron-King ukuran 14 sampai 26 inci. Model pisang banyak dicari karena sesuai lekukan kaca. Pemakainya pemilik Jazz, Avanza, Innova bahkan BMW," ucap Johan, pemilik toko Auto Jaya di Sektor 1-7 Blok A No.11-15 yang juga jual merek lain.

Sementara kios Soundgenic di Blok D/10 menyediakan merek Hurricane. "Dari ukuran 14-24 inci, harganya sama, Rp 150 ribu sepasang, model pisang sudah berikut frame. Orix Rp 120 ribu sepasang," tutur Asep, karyawan kios itu.

Produk aftermarket ini, selain harganya lebih murah dari OEM (bedanya Rp 30-50 ribu), kebanyakan banderolnya sama meski beda ukuran. Kecuali Bosch, beda ukuran beda harga, kisarannya Rp 100-150 ribu.

Yang agak mahal merek Hella. Toko Surya Jaya Motor punya stok ukuran 11-26 inci. Model biasa Rp 150 ribu, model pisang Rp 250 ribu. Semua ada framenya, paling ramai orang cari ukuran 14 inci

Selain merek di atas, tersedia brand label Denso, NWB, Michelin atau Wealthy yang menyediakan model lurus (universal) buat mobil apa saja dan melengkung khusus buat Toyota dan Honda.

Terpenting perhatikan ukurannya. Buat mobil non-Eropa 18-24 inci, mobil Eropa sekitar 26-28 inci. Buat yang beli pakai tungkai, perhatikan apakah dudukan tungkai wiper-nya sama dengan yang mobil Anda.

Selamat berburu. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa